Berita Kampus

Berita Kampus Ajaib, Luka Bisa Langsung Sembuh dengan Perangkat Canggih Ini

Ilmuwan dari Ohio State University belum lama ini ini menemukan sebuah perangkat yang mampu menyembuhkan luka hanya dengan sekali sentuhan. Perangkat tersebut dinamai Tissue Nanotransfection (TNT).

Perangkat ini mampu bekerja untuk semua tipe sel sehingga bisa diterapkan di seluruh tubuh pasien dan bisa menyembuhkan luka dalam waktu yang sangat cepat.

Teknologi yang ada di dalam perangkat, bisa bekerja memperbaiki jaringan yang rusak akibat luka serta menggantikan fungsi jaringan yang mengalami penuaan, termasuk organ, aliran darah, dan sel-sel saraf.

Alat ini juga bekerja secara sederhana, hanya perlu muatan listrik kecil untuk mengoperasikan perangkat. Sengatan untuk pasien sangat kecil dan nyaris tidak terasa.

Untuk informasi, penelitian pengembangan TNT dipimpin oleh Chandan Sen, direktur Center for Regenerative Medicine & Cell Based Therapies dan L. James Lee, profesor kimia dan biomolekuler.

“Dengan menggunakan teknologi nanochip baru kami, organ yang terluka atau yang terganggu bisa diganti. Kami telah menunjukkan bahwa kulit adalah area strategis dimana kita bisa menumbuhkan unsur-unsur dari setiap organ yang sedang menurun,” kata Chandan Sen, dilansir Agen Bola.

[ Baca Juga : ” Kisah Perjuangan Pengemudi Gojek untuk Kuliah dan Punya Rumah ” ]

Meski belum diuji pada manusia, perangkat ini telah diujiĀ  pada tikus dan babi.

Pada seekor tikus yang mengalami luka kaki, dalam waktu satu pekan chip menyebabkan aliran darah aktif kembali, lalu setelah dua pekan kakinya sembuh.

Hasil tes laboratorium menunjukkan bahwa perangkat ini juga mampu menyembuhkan stroke.

“Ini sulit dibayangkan, berhasil bekerja sekitar 98 persen sejauh ini. Dengan teknologi ini, kita bisa mengubah sel kulit menjadi elemen organ manapun dengan hanya satu sentuhan. Proses ini hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik dan tidak invasif,” kata Chandan Sen.

Seperti dikutip dari Wexner Medical, TNT memiliki dua kompunen utama. Pertama chip nanoteknologi berfungsi menyampaikan sebuah muatan kepada sel tua.

Kedua, desain muatan biologis untuk konversi sel. Muatan ini ketika diantarkan menggunakan chip, akan mengonversi sel tua dari satu tipe ke tipe lain.

Muatan ini berisi kode genetik tertentu dalam bentuk DNA atau RNA, yang jika diterapkan pada sel, mampu mengubah sel dari struktur dan fungsinya semula menjadi struktur dan fungsi lain yang diperlukan untuk memperbaiki cedera.