Berita Kampus

Berita Kampus Apple Bakal Musnahkan Lightning Port di iPhone?

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple selalu melakukan perombakan yang terbilang signifikan untuk iPhone generasi terbaru.

Setelah memilih menghapus jack headphone 3,5mm di iPhone 7, perusahaan juga menghadirkan desain layar dengan notch di iPhone X.

Terbaru, Apple disebut akan melakukan perubahan serupa untuk iPhone di masa depan. Berdasarkan laporan Bloomberg, perusahaan berencana untuk menghilangkan pengisian daya berbasis kabel dan menggantinya dengan sistem nirkabel.

Karena itu seperti dikutip Agen Bola, perusahaan akan menghapus keberadaan port lightning yang ada di iPhone . Informasi ini diperoleh dari salah satu sumber anonim yang mengaku mengetahui mengenai proyek terbaru Apple.

“Dalam pengembangan iPhone X, Apple sebenarnya berencana menghapus sistem pengisian daya berbasis kabel. Namun saat itu dirasa tak tepat karena pengisian daya berbasis nirkabel masih lebih lambat dari kabel,” tutur sumber tersebut.

Karena itu, Apple disebut-sebut akan kembali meneruskan pengembangan tersebut. Tak hanya port eksternal, perusahaan juga dilaporkan berencana menghilangkan tombol yang ada di perangkat dan layarnya lebih luas.

[ Baca Juga : “ Selain Tes Psikologi, Ujian Praktik SIM di Jalan Raya Juga Penting ” ]

Akan tetapi, Apple sendiri saat ini belum memberikan pernyataan resmi seputar rumor yang berkembang saat ini. Oleh sebab itu, menarik untuk menunggu apakah perusahaan yang dipimpin Tim Cook tersebut akan benar-benar menghapus keberadaan port yang ada di iPhone.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Bali dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop.

Baru-baru ini, seorang peneliti menemukan cara membobol salah satu fitur keamanan Apple yang terdepan, yaitu dengan menjebol password.

Cara menembus password di iPhone ini diketahui pertama kali oleh peneliti dari Hacker House, sebuah firma solusi keamanan digital.

Cukup dengan memakai lightning cable (kabel data) iPhone, hacker dapat mengakali batas jumlah pin atau angka password yang dimasukkan ke iPhone menjadi tanpa batas, demikian lansiran ZDNet.

Matthew Hickey, co-founder Hacker House, menyebut hacker dapat menginfiltrasi perlindungan iPhone lewat kabel yang disambungkan ke iPhone dan iPad.

“Ketimbang mengirim passcode satu per satu, cara ini bisa langsung mengirim seluruhnya dengan sekali jalan,” jelasnya.

Hickey menyebut, dengan cara tersebut maka fitur perlindungan iPhone tidak akan berfungsi, sebab terlalu banyak memasukkan angka yang dikirim.

Sekadar informasi, apabila password iPhone sudah salah diinput selama 10 kali, seluruh data akan terhapus dan smartphone akan tersegel. Bila ini terjadi, pengguna maka harus melakukan factory reset.

Pihak Apple sendiri menganggap tes yang dilakukan Hickey tidak benar. Ia mengakui, tes yang dilakukan memang belum sepenuhnya sempurna.

Bagi para pengguna setia produk Apple, perusahaan rintisan Steve Jobs ini memang terkenal langsung melakukan perbaikan setelah ditemukannya kelemahan di sistem iPhone, iPad, atau macOS.