Berita Kampus

Berita Kampus4 Alasan Cristiano Ronaldo Wajib Pensiun dari Timnas Portugal

 

Christiano Ronaldo mengalami cedera hamstring saat membela Tim Nasional (Timnas) Portugal kontra Serbia di laga Kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa 26 Maret 2019 dini hari WIB. Akibat cedera tersebut, Ronaldo bisa absen merumput hingga dua pekan ke depan.

Jelas, kondisi di atas sangat merugikan Juventus. Hal itu karena Juventus saat ini dalam periode genting, yang mana akan melakoni lima pertandingan dalam kurun 31 Maret hingga 13 April 2019. Karena itu, wacana dukungan kepada Ronaldo agar pensiun dari Portugal dan fokus kepada Juventus membahana seperti yang dikutip oleh Agen Bola Terbaik.

4. Portugal Tampil Apik Tanpa Ronaldo

Portugal

Ronaldo sempat absen membela Portugal dari September 2018 hingga Maret 2019. Hal itu karena Ronaldo memilih fokus membela Juventus. Dalam periode tersebut, Seleccao das Quinas –julukan Portugal– melakoni enam pertandingan dengan koleksi tiga menang dan tiga imbang.

Atas raihan di atas, Portugal pun lolos ke semifinal UEFA Nations League (UNL) A yang digelar Juni tahun ini. Justru ketika Ronaldo kembali membela Portugal, sang negara gagal meraih kemenangan. Sebelum ditahan Serbia 1-1, Portugal bermain 0-0 kontra Ukraina.

3. Fokus kepada Juventus

Cristiano Ronaldo

Maret hingga Mei adalah periode penting bagi klub yang memiliki ambisi meraih trofi. Karena itu, penting bagi klub memiliki deretan pemain yang dalam kondisi prima. Sayangnya, Juventus harus kehilangan Ronaldo setidaknya hingga dua ke depan karena masalah hamstring.

Karena itu, agar kondisi di atas tidak terulang, ada baiknya Ronaldo mencurahkan fokus sepenuhnya kepada Juventus. Sebab, berhubung sudah tak muda lagi (34 tahun), tenaga Ronaldo sudah tak bisa lagi diforsir layaknya beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga :

Perkenalkan Liana Jojua, Petarung UFC Cantik nan Seksi asal Georgia

2. Mengurangi Menit Tampil

Cristiano Ronaldo

Bagi pesepakbola yang mentas di level teratas, biasanya mereka dapat melahap 55 sampai 60 pertandingan dalam satu tahun kompetisi. Jumlah tersebut bisa bertambah 10 pertandingan andai mereka membela tim nasional.

Karena itu, untuk mengurangi jumlah pertandingan yang dilakoni atau menit tampil, Ronaldo bisa memilih untuk pensiun. Sebab dengan begitu, tenaga Ronaldo yang biasanya dicurahkan ke tim nasional, dapat diberikan sepenuhnya untuk Juventus.

1. Tak Perlu Lagi Pembuktian

Cristiano Ronaldo

Ronaldo tak perlu mencari apa-apa lagi bersama Timnas Portugal. Sebab, semenjak mentas di level senior pada 2002, Ronaldo sudah memberikan yang terbaik bagi Portugal. Dari 156 caps bersama Portugal, Ronaldo total melesakkan 85 gol.

Tidak hanya mencetak banyak gol, Ronaldo juga mengantarkan sang negara menjadi kampiun Piala Eropa 2016! Karena itu, saat ini merupakan waktu yang tepat bagi Ronaldo untuk pensiun dari Portugal dan memfokuskan tenaganya kepada Juventus.