Berita Kampus

Berita Kampus5 Cara Memperlambat Penuaan di Usia 40-an

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan akan mulai muncul terutama di bagian wajah. Keriput dan garis-garis halus akan semakin jelas terlihat. Tak sedikit perempuan yang enggan mengalami kondisi tersebut. Oleh karenanya, mereka melakukan perawatan sejak muda untuk mencegah terjadinya tanda penuaan yang cukup parah.

Akan tetapi, ada pula perempuan yang enggan melakukan perawatan sejak muda. Kebanyakan berpikir hal itu baru penting dilakukan pada usia 40 tahun ke atas. Sebenarnya langkah ini kurang tepat sebab di usia 40-an produksi kolagen sudah mulai berkurang sekira 1 persen.

Terlebih jika perempuan sudah memasuki masa menopause yang membuat jumlah kolagen semakin berukurang. Padahal kolagen dapat menyamarkan keriput dan garis halus. Pada saat jumlah kolagen menurun, maka kulit menjadi lebih tipis dan kurang kencang.

Selain penurunan jumlah kolagen, di usia 40 tahun ke atas kulit juga akan menjadi lebih kering. Hal ini dikarenakan pori-pori di kulit semakin besar dan kurangnya hidrasi pada kulit. Masalah lainnya adalah tingkat antioksidan yang berfungsi melindungi dan memperbaiki kulit juga berkurang. Beruntung ada langkah sederhana untuk mencegah situasi yang terbilang mengerikan itu terjadi lebih parah.

Melansir Agen Bola Terpercaya, Rabu (3/10/2018), inilah beberapa aturan yang harus dituruti guna mendapatkan kulit yang lebih baik di usia 40 tahun ke atas:

1. Jangan melewatkan perawatan kulit

Menurut ahli dermatologi, tidak ada salahnya melakukan perawatan kulit seperti botox. Sebaliknya, usahakan tidak memilih filler karena efeknya tidak bertahan lama.

2. Fokus pada bahan utama

Ahli dermatologi lainnya Dr Stefanie Williams merekomendasikan penggunaan serum vitamin C. Produk perawatan ini dapat meningkatkan antioksidan di pagi hari dan melawan penurunan kolagen di malam hari. Selain itu, gunakan pula produk yang mengandung vitamin A karena dapat membantu memperbaiki kerusakan akibat sinar matahari dan menginduksi produksi kolagen. Khusus yang satu ini sebaiknya digunakan pada malam hari.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Balas Pesan Lebih Cepat di Pembaruan WhatsApp Versi Android ” ]

3. Beralih ke rumus minyak

Beberapa orang mungkin enggan menggunakan produk berminyak. Tapi sebenarnya produk ini memberikan banyak manfaat. Mulai dari memberikan efek menenangkan, kaya akan nutrisi untuk kulit, hingga memberikan antioksidan ekstra. Produk berminyak seperti pelembap juga lebih ringan bila dibandingkan dengan krim wajah lain. Untuk hasil yang optimal, oleskan pelembap dengan melakukan pijatan kecil di sepanjang garis dahi, sepanjang hidung, dan ke garis mulut.

4. Fokus pada mata dan bibir

Produk perawatan yang tidak boleh terlewatkan saat tanda-tanda penuaan mulai muncul adalah krim mata. Meskipun mahal, produk ini mengandung bahan aktif yang secara khusus ditargetkan untuk meningkatkan sirkulasi atau mengurangi kantung mata. Gunakan di area bawah mata atau di sekitar bibir yang memiliki kulit lebih tipis.

5. Gunakan SPF

Satu produk yang tidak boleh terlewatkan adalah tabir surya dengan SPF30 atau lebih. Gunakan produk ini setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Tanpa perlindungan terhadap sinar matahari, semua krim yang digunakan tidak ada artinya.