Berita Kampus

Berita Kampus6 Pilihan Makanan Pengganti Nasi

 

Konsumsi nasi putih dikaitkan dengan banyak efek kesehatan. Nasi putih tak memiliki banyak vitamin dan mineral penting. Nasi putih juga membuat Anda lebih cepat lapar sehingga meningkatkan nafsu makan.

Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi nasi putih selama lebih dari 5 kali seminggu, menempatkan Anda pada risiko tinggi diabetes tipe 2. Tetapi karena nasi merupakan makanan pokok bagi banyak orang, sulit untuk menghindarinya.

Seperti dilansir Kampusbet, untuk Anda yang ingin menghindari nasi putih, bisa mengganti dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Berikut makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi untuk diet yang lebih sehat.

1. Biji gandum
Gandum kaya protein, zat besi dan serat. Selain itu kaya akan asam amino dan merupakan protein lengkap yang berarti biji gandum memiliki semua sembilan asam amino esensial yang menjadikannya sumber protein yang sangat kaya, terutama untuk vegetarian.

2. Beras merah
Penyedia nutrisi yang jauh lebih sehat daripada beras adalah beras merah. Mengonsumsi nasi merah baik untuk kesehatan karena mengandung serat yang membantu pencernaan yang efektif. Ini juga terkait dengan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

Baca Juga :

Pentingnya Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat bagi Ibu Milenial

 

3. Jelai
Jelai masuk suku padi-padian dan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jelai kaya selenium, mineral yang jarang ditemukan dalam makanan lain, serta mengandung mangan, fosfor dan tembaga.

4. Nasi kembang kol
Nasi kembang kol atau cauliflower rice dapat dipersiapkan dengan mudah, hanya dengan menghancurkan kembang kol di food processor. Cauliflower rice adalah alternatif rendah karbohidrat, beras rendah kalori. Satu porsi kembang kol dapat memberi Anda cukup vitamin C yang dibutuhkan sepanjang hari. Ini juga mengandung vitamin K yang mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko pendarahan. Jika Anda menggunakan keto-diet, ini adalah pengganti beras yang sempurna.

5. Biji bayam
Amaranth atau biji bayam adalah sumber serat yang kaya dan alternatif beras yang lebih sehat. Butir bebas gluten ini mengandung lebih banyak protein daripada semua biji-bijian lainnya. Ini juga terkait dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan kadar kolesterol.

6. Soba
Soba bebas gluten dan konsumsi soba secara teratur meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar gula darah. Ini kaya akan serat dan bahkan dikenal untuk memerangi kanker. Ini mengandung kalori jauh lebih rendah daripada nasi, dan efektif untuk menurunkan berat badan. Kampusbet