Berita Kampus

Berita KampusAlasan Kamu Harus Harus Uninstall 2 Aplikasi Ini Sekarang

 

Aplikasi kamera selfie lagi banyak diminati. Namun aplikasi Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera disarankan untuk segera diuninstall dari perangkat kamu. Dua aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play Store.

Adalah Wandera, perusahaan mobile security, yang mengungkap masalah dua aplikasi ini. Kedua aplikasi selfie ini diidentifikasi memiliki adware. Kedua aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1,5 juta, seperti dikutip dari Kampus Bet, Selasa (24/9/2019).

Seperti biasa, aplikasi berbahaya ini akan menghilang dari halaman menu ketika shortcut dibuat tetapi sebenarnya masih ada di dalam ponsel. Kedua aplikasi ini menayangkan iklan pop-up yang mendatangkan keuntungan bagi developernya dan berpotensi menguras baterai ponsel.

 

Baca Juga :

Mengenal AOSP, OS yang Dipakai Huawei Mate 30 dan 30 Pro

 

Sekali menginstall, aplikasi Sun Pro Beauty Camera akan menjalankan iklan layar penuh yang sulit untuk ditutup bahkan ketika aplikasi tidak dibuka. Aplikasi Funny Sweety Beauty Selfie Cemera juga menjalan iklan layar penuh tetapi setelah tetapi hanya setelah foto yang disaring diunduh menggunakan aplikasi.

Selain itu, untuk menginstal kedua aplikasi ini, pengguna ponsel harus mengizinkan developer mengakses microfon pengguna kapan saja. Itu artinya, developer bisa mendengar percakapan pengguna dan orang-orang yang dekat dengan ponsel.

Izin lainnya, pengguna harus membiarkan aplikasi ini tetap ada di perangkat. Aplikasi ini akan membutuhkan banyak izin untuk dihapuskan.

“Adware seluler dapat membunuh produktivitas yang dampaknya bisa lebih serius bagi bisnis. Iklan yang tidak menarik di luar aplikasi mengganggu pengguna di tengah-tengah kerja mereka karena harus mematikan perangkat, menguras baterai, dan dalam beberapa kasus, perangkat yang terinfeksi perlu diganti, ” ujar riset Wandera. Kampus Bet