Berita Kampus

Berita KampusAnak Suka Minuman Kemasan, Bisakah Picu Gagal Ginjal?

Minuman kemasan jelas disukai anak-anak karena nikmat diminum kapan saja. Tapi apakah minuman tersebut dapat memicu gagal ginjal?

Setiap minuman kemasan pada dasarnya mengandung tinggi sukrosa atau gula tambahan, atau perisa yang identik manis. Bila dikonsumsi tentu dampaknya berbahaya pada anak, terlebih pada orang dewasa juga sama bahayanya.

Sebaiknya, sejak dini jangan kenalkan minuman kemasan tersebut. Edukasi kepada anak sangat penting dilakukan, supaya di masa mendatang, mereka tidak terkena dampaknya.

Konsultan Nefrologi Anak dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengungkapkan, makanan atau minuman kemasan yang sering dikonsumsi anak-anak, tidak secara langsung memicu gangguan ginjal. Akan tetapi lebih ke risiko obesitas yang berbahaya.

“Secara umum minuman kemasan juga makanan, bukan secara langsung berdampak untuk ginjal. Tapi lebih ke obesitas yang nantinya lama-lama berdampak ke ginjal,” terang dia saat Diskusi Media Kenali Ginjal Pada Anak di Kementerian Kesehatan yang dilansir oleh Agen Bola Terpercaya, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Tinder Perluas Opsi Gender di India ” ]

anak minum jus

Adapun minuman yang langsung memicu gagal ginjal, jelas dr Eka, ialah minuman dengan kandungan asam amino, atau turunan protein. Bila diminum secara rutin, itulah yang menyebabkan ginjal.

Minuman yang dapat membangun otot tersebut dapat menyebabkan gangguan ginjal, karena pembuangan kreatin berlebihan. Mestinya hal itu dicegah, khususnya pada anak.

“Kalau minuman berenergi, dengan kandungan asam amino tertentu juga sebabkan gagal ginjal berlanjut. Tidak hanya pada anak, orang dewasa pun harus menghindarinya minum ini secara berlebihan,” tutupnya.