Berita Kampus

Berita KampusApple Sindir Google Soal Rencana Smart City

 

Masalah keamanan data sering menjadi isu yang melanda raksasa teknologi seperti Google. Hal itu pun disorot betul oleh rivalnya, Apple.

Pada Januari lalu saat ajang Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Apple memasang billboard yang bertuliskan “what happen on your iPhone stays on your iPhone,” yang seolah menyindir kompetitor soal isu privasi yang sering terjadi pada platformnya.

Kejadian serupa terjadi baru-baru ini, Apple lagi-lagi membuat sindiran berupa billboard yang dipasang tepat di sebelah proyek Google di kota Toronto. Proyek itu digarap anak perusahaan Alphabet bernama Sidewalks Labs, yang berencana membangun pemukiman urban generasi baru.

 

Baca Juga :

Apple Berencana Singkirkan Butterfly Keyboard

 

Dilansir dari Kampus Bet, Senin (8/7/2019) billboard dengan gambar iPhone itu bertulisan: “We’re in the business of staying out of yours. Privacy. That’s iPhone.”. Lewat tagline ini Apple seperti menekankan kalau mereka sangat menjunjung tinggi privasi penggunanya. Soal privasi ini sangat kontras memang dengan proyek Sidewalk Labs.

Proyek kota pintar ini dijanjikan untuk memberi kualitas hidup yang lebih baik dengan desain perkotaan yang digabungkan dengan teknologi, namun di sisi lain, mereka mengumpulkan banyak data warga.

Data-data tersebut dihimpun melalui kamera dan sensor internet of things (IoT) yang terpasang di pemukiman itu, dan terus-menerus merekam gaya hidup penggunanya. Serta, menggunakan data tersebut untuk merencanakan berbagai hal dalam pembangunan kota pintarnya. Kampus Bet