Berita Kampus

Berita KampusBodi Mobil di Masa Depan Akan Dilengkapi Airbag

Perkembangan teknologi dunia automotif yang tengah mengarah menuju mobil listrik dan otonom, membuat para insinyur industri berfikir keras terhadap tingkat keselamatan dan risiko dari mobil otonom yang tengah dikembangkannya.

Bahkan salah satu penelitian yang memperhitungkan risiko dari perkembangan teknologi otonom di masa depan. Mobil tersebut membutuhkan perangkat keamanan untuk tabrakan ketika terjadi sistem yang tak bisa terbaca oleh teknologi otonom.

Salah satunya yakni risiko tabrakan samping pada mobil, dimana untuk meminimalisir benturan tersebut, sebuah airbag disipakan disisi samping mobil dan ketika sensor membaca adanya benturan maka airbag akan mengembang.

“Sistem perangkat airbag di era mobil otonom akan segera bergeser, tak hanya berfungsi memberikan perlindungan bagi penumpang namun meminimalisir tabrakan antara mobil otonom,” kata kepala divisi keselamatan pasif ZF Michael B├╝chsner, seperti dikutip Poker Online.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Wajah Katy Perry Bakal Jadi Karakter Game Final Fantasy ” ]

Airbag pra-tabrakan dirancang untuk ditempatkan secara eksternal dari sisi kendaraan, dan membantu untuk melayani sebagai zona crumple tambahan jika terjadi kecelakaan, dan tes telah menunjukkannya untuk mengurangi keparahan cedera penumpang hingga 40%.

Dalam pengujian ini, penelitian juga tengah mengembangkan perangkat airbag bagi penumpang agar tetap aman dan tidak terbentur dari komponen struktural interior. Dimana seluruh airbag tersebut akan berada ditiap titik bangku penumpang.

Hadirnya airbag eksternal ini, regulasi standar keamanan seperti Global Ncap dan Euro Ncap tentu akan disesuaikan dengan kebutuhan dan standar pengembangan perangkat tersebut.