Berita Kampus

Berita KampusBukan Amerika Selatan, Reli Dakar 2020 Akan Berlangsung di Arab Saudi

 

Para pembalap Reli Dakar akan mendapatkan medan baru untuk ditaklukkan pada 2020. Seperti yang dikutip dari Agen Bola Terbaik, Selasa (16/4/2019), Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara Reli Dakar telah memutuskan untuk melangsungkan balapan ekstrem itu di Arab Saudi pada 2020.

Reli Dakar merupakan perlombaan yang dimulai pertama kali pada 1979. Perlombaan ini pada awalnya dimulai dari Paris, Prancis hingga finis di Dakar, Senegal. Lokasi perlombaan berpindah-pindah seiring berjalannya waktu meskipun tetap berada di Benua Eropa dan Benua Afrika.

Sebastian Loeb (Foto: AFP)

Reli Dakar berlangsung di Benua Amerika Selatan sejak 2009 setelah tak adanya kepastian keamanan bagi pembalap di Afrika. Sebab, Reli Dakar sempat tidak diadakan karena ada ancaman dari kelompok bersenjata di Mauritania.

 

Baca Juga :

Reaksi Klopp Lihat Andy Robertson Terpeleset di Laga Liverpool vs Chelsea

 

Reli Dakar saja merupakan perlombaan ekstrem yang telah menelan banyak korban jiwa baik dari pembalap ataupun penonton. Korban jiwa itu hadir karena medan ekstrem yang mesti ditaklukkan saat perlombaan. Jika ditambah dengan masalah kelompok bersenjata maka penyelenggaraan Reli Dakar akan semakin sulit.

Carlos Sainz (Foto: AFP)

Kondisi itu memaksa ASO untuk memindahkan Reli Dakar ke Benua Amerika Selatan. Argentina dan Chile jadi negara yang menyelanggarakan Reli Dakar sampai tahun ini. Akan tetapi, para pembalap akan dituntut untuk beradaptasi lagi dengan tempat baru yakni Arab Saudi pada 2020.

Namun, Arab Saudi dipandang sebagai lokasi yang tepat untuk mengadakan Reli Dakar karena merupakan negara yang dikelilingi gurun pasir. Kondisi geografi Arab Saudi tersebut mendukung terselenggarakannya Reli Dakar.