Berita Kampus

Berita KampusBukan karena Gaya Marquez Rebahkan Motor Hingga 66 Derajat di Sachsenring

 

Marc Marquez tercatat melibas tikungan dengan sudut hingga 66 derajat di Sachsenring. Itu dilakukan Marquez bukan karena menikmati atau memang gayanya.

Marquez merebah hingga 66 derajat pada saat sesi latihan bebas kedua MotoGP Jerman, Jumat (5/7/2019) lalu. Ia berhasil mencatatkan waktu terbaik sesi tersebut dengan satu menit 20,705 detik dan memimpin kawanan pebalap.

Catatan waktunya terus membaik hingga berhasil merebut pole di kualifikasi, Sabtu (6/7) malam WIB. Catatan waktu terbaiknya adalah satu menit 20,195 detik.

Soal sudut menikungnya yang begitu tajam, Marquez mengungkapkan itu murni karena tuntutan keadaan. Ia harus melakukannya karena RC213V sulit berbelok.

“Kalau Anda mengecek sedikit di perjalanan tahun ini, kami sering sekali menggunakan banking (merebah), terlalu banyak malah. Dan alasan kenapa kami melakukannya adalah karena motornya tak mau berbelok,” ujar Marquez dikutip Kampusbet.

“Jadi saya kerap memakai banking ini bukan karena itu gaya saya, bukan karena saya menyukainya, tapi karena harus melakukannya untuk berbelok. Kami sedang berusaha agar motornya lebih mudah berbelok dengan memodifikasi sasis,” imbuhnya.

 

Baca Juga :

Formula Lama Timnas Brasil, Juara Tanpa Bintang

 

Persoalan sulit menikung itu pula yang membuat Honda menyodorkan sasis baru berbahan serat karbon, sementara yang saat ini menggunakan bahan aluminium. Marquez sudah menjajalnya sejak di Catalunya dan kembali mengujinya di Sachsenring.

Juara bertahan MotoGP itu merasakan ada potensi bagus dari sasis yang baru, namun masih minimnya data membuatnya belum berani menggunakannya untuk balapan.

“Kami mencoba sasis baru dan kami juga sudah mencobanya di Montmelo, potensinya ada. Kami mencoba lagi di sini, potensinya ada, tapi kami masih perlu memahami lebih jauh,” kata Marquez usai kualifikasi.

“Benar bahwa dengan sasis ini kami tahu bahwa kami bisa lebih cepat, tapi kami belum tahu apa yang akan terjadi di jarak tempuh satu balapan penuh. Jadi kami akan kembali ke sasis yang sekarang diapaki.”

“Kami perlu informasi lebih, kami sudah mencobanya dengan laju beruntun. Kami melihat potensi dengan sasis baru ini jadi perlu analisis lebih jauh. Kami tahu reaksi dari sasis yang sekarang dan dengan sasis yang baru kami punya hal-hal positif dan juga negatif.”

“Negatifnya adalah kadang-kadang bisa bikin jatuh. Jadi ya Anda mencoba menghindari hal-hal semacam ini,” tandas pebalap asal Spanyol ini. Kampusbet