Berita Kampus

Berita KampusCara Hacker Mengintip Ponsel dan Tips Mencegahnya

WiFi gratis merupakan salah satu hal yang menggiurkan bagi penikmat internet. Layanan ini juga kerap kali hadir di berbagai tempat umum seperti bandara, sekolah, universitas dan kantor.

Sayangnya ini dapat menjadi sebuah trap (jebakan) yang sangat merugikan Anda. Seorang ahli Cyberscurity CheckPoint Software Technologies, Dan Tan mengungkapkan seberapa bahayanya Wi-Fi gratis dalam tayangan Why It Matters di Channel News Asia.

Ia mengatakan jika akses Wi-Fi gratis dapat dimasuki oleh sang hacker. Bahkan mereka dapat meretas handphone seseorang dengan hanya mengetikan nama Wi-Fi yang mereka mau. Ini berarti di mana pun dan kapanpun sang hacker mampu meretas banyak pengguna.

Tan melakukan simulasi dengan sang MC Why It Matters, Joshua Lim yang saat itu tengah mengakses Wi-Fi di Bandara Changi, Singapura. Saat Joshua berselancar di internet dan mencari berita tentang meninggalnya Stan Lee, Tan dapat mengetahuinya, dilansir Agen Bola.

Tidak hanya sampai di situ, Tan mengatakan jika sang hacker bahkan dapat mengakses ponsel seseorang yang terserang. Dari mulai yang terlihat di layar ponsel, akses penyimpanan internal, membuka dokumen, dan bahkan menyalin dokumen tersebut.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Ducati Tetap Pede Dengan Danilo Petrucci ” ]

Hacker

Bahayanya lagi, sang hacker bahkan mampu mengaktifkan beberapa fitur tanpa diketahui oleh pengguna.

“Men-download free wifi yang ditanam oleh hacker dapat memberikan mereka akses lebih. Dengan aplikasi itu sendiri, hacker mampu mencaplok banyak bahan. Selain itu hacker juga dapat merekam suara melalui handphone pengguna tanpa diketahui tiba-tiba merekam dengan voice recorder yang tertanam di ponsel. Itu juga berlaku ke kamera dan fitur lain yang terdapat di ponsel,” ungkap Tan.

Tan menambahkan, “Memang cara terbaik bahkan jangan menggunakan ponsel”. Tak hanya sampai di situ, Tan pun memberikan beberapa kemungkinan terburuk bagi pengguna yang terkena hack.

“Beberapa informasi bisa dijual dan siapapun bisa menirukan kamu dan tahu kamu berurusan dengan siapa saja atau mungkin sesuatu tentang teman kamu dan seseorang yang kamu sukai,” imbuhnya.

Terakhir, tayangan tersebut pun memberikan beberapa tips aman saat menggunakan Wi-Fi gratis, yakni jangan memasukan info sensitif saat mengaktifkan wifi gratis dan instal solusi keamanan di ponsel.