Berita Kampus

Berita KampusCara Mengatasi Rasa Tak Aman Saat Berpacaran

 

Dalam suatu hubungan, kita sering merasakan kecemburuan yang disebabkan oleh rasa tidak aman dari diri sendiri. Itu normal, tapi bisa menjadi racun dan merusak hubungan.

Oleh karena itu, apakah Anda yang sedang jomblo atau tengah dalam suatu hubungan, suara-suara batin Anda itu bisa datang dan menyebabkan kekacauan dalam pikiran dan membuat Anda takut akan semacam kasih sayang?

“Suara hati kritis terbentuk dari pengalaman kehidupan awal yang menyakitkan di mana kita menyaksikan atau mengalami sikap menyakitkan terhadap kita,” kata Lisa Firestone, penulis Conquer Your Critical Inner Voice.

Mendengarkan kritik yang tidak berdasar terhadap diri Anda ini mungkin akan menghasilkan hubungan interpersonal Anda dan akhirnya membuat Anda merasa putus asa. Lantas, bagaimana mengatasi rasa tidak aman dalam hubungan Anda? Seperti dilansir Kampusbet, berikut ini beberapa langkah yang perlu dipahami:

1. Temukan akar ketidakamanan
Pasti ada beberapa hal yang membuat Anda merasa tidak aman terhadap diri sendiri dan hubungan. Pikirkan tentang hal-hal itu dan komunikasikan hal tersebut kepada pasangan. Kekasih Anda layak untuk mengetahui apa yang terjadi pada Anda dan apa yang dapat mereka lakukan untuk membuat Anda nyaman dengannya.

 

Baca Juga :

Diklaim Jadi Obat Kanker, Akar Bajakah Jadi Buruan

 

2. Lewati masa lalu
Seperti dikatakan di atas, rasa tidak aman dibangun oleh pengalaman yang menyakitkan di masa lalu, dan bisa jadi hubungan Anda di masa lalu atau bagaimana kepercayaan Anda pernah hancur. Anda perlu mengingatkan diri sendiri bahwa Anda tidak dapat mengubah masa lalu, tetapi Anda benar-benar dapat mengubah masa depan Anda.

3. Percayalah pada pasangan dan diri sendiri
Kepercayaan tidak hanya berarti berbagi rahasia terdalam Anda, juga dengan menempatkan diri Anda secara fisik dan emosional dalam hubungan. Anda perlu memberi diri Anda kesempatan untuk memercayai orang lain, tetapi tetap percaya pada diri sendiri juga.

4. Berhentilah menghindari percakapan yang tidak nyaman
Ini terjadi setiap saat, di mana Anda menghindari beberapa pertanyaan atau situasi yang Anda yakin tidak bisa atasi. Hubungan yang sehat dibangun dengan memiliki komunikasi yang baik antara satu sama lain, dan itu berarti tentang apapun.

Ketidakamanan mungkin datang dengan beberapa alasan yang tidak berdasar dan bisa timbul karena Anda menghindari membicarakannya. Jadi bersikap transparan tentang perasaan Anda dengan pasangan Anda dan itu penting. Kampusbet