Berita Kampus

Berita KampusCech: Clean Sheet Terbanyak di Premier League, Menurun di Arsenal

Petr Cech bisa dibilang adalah kiper terbaik yang pernah Premier League miliki. Tapi, sayang, kariernya meredup saat pindah ke Arsenal.

Cech akan pensiun akhir musim ini menyusul kontraknya yang akan habis bersama Arsenal. Cech memutuskan gantung sepatu setelah 20 tahun berkarier.

Memang performa Cech sudah menurun sejak main di Arsenal, yang diperkuat dengan statistiknya, dan kini malah digeser Bernd Leno. Tapi, saat masa jayanya, Cech adalah yang terbaik di Premier League setelah era Peter Schmeichel.

Empat trofi Premier League bersama Chelsea adalah bukti kuat mengapa Cech pantas disebut yang terbaik. Berikut data dan fakta terkait karier Cech seperti dikutip Agen Bola Online:

443 – Sampai saat ini, Cech sudah tampil 443 kali di Premier League. Dia sudah bermain selama 39.496 menit di kompetisi ini, termasuk saat bermain penuh semusim bersama Chelsea di 2010/2011.

202 – Cech punya 202 clean sheet di Premier League, rekor kompetisi ini. Rasio clean sheet 46 persen dari total laganya.

24 – Total clean sheet pada musim perdananya di Premier League, 24, rekor di kompetisi.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Nggak Semua Membanggakan, 10 Years Challenge Juga Bisa Bikin Minder ” ]

162 – Ini adalah jumlah clean sheet Cech di Premier League bersama Chelsea. Hanya David Seaman (Arsenal), Pepe Reina (Liverpool), Tim Howard (Everton), Peter Schmeichel (Manchester United), dan Joe Hart (Manchester City) yang punya 100 clean sheet atau lebih di satu klub.

366 – Jumlah kebobolan gol Cech di Premier League. Meski persentase clean sheet di Arsenal hanya 25 persen (110 penampilan), 34 persen total kebobolannya di Premier League (12 gol) terjadi sejak pindah ke Emirates Stadium pada 2015.

4 – Hanya Schmeichel, kiper yang punya titel Premier League lebih banyak daripada Cech. Eks kiper Manchester United itu punya lima medali Premier League, sementara Edwin van der Sar sama dengan Cech, yakni empat gelar.

108 – Tidak ada kiper yang punya rasio kebobolan gol lebih sedikit ketimbang Cech dengan minimal 6.000 menit main di Prmeier League; satu gol per 108 menit.

1.136 – Sejak pindah ke Premier League, Cech menahbiskan diri sebagai kiper terbaik di kompetisi itu. Dia membuat 1.136 penyelamatan – lebih banyak ketimbang kiper lain – dan punya persentase penyelamatan terbaik di antara kiper-kiper dengan jumlah saves lebih dari 500, 75,4 persen.