Berita Kampus

Berita KampusCegah Kontaminasi Bakteri, seperti Ini Cara Tepat Menyimpan Makanan di Kulkas

Zaman yang serba modern dan canggih seperti sekarang ini, hampir setiap rumah memiliki lemari es alias kulkas. Fungsinya jelas setiap orang telah mengetahuinya, yaitu membuat bahan makanan dan makanan atau minuman lebih tahan lama dan selalu segar.

Akan tetapi, pada kenyataannya, penggunaan lemari es tidak selalu tepat. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang gagal paham dengan rancangan dan bagian-bagian dalam kulkas.

Di dalam kulkas, kita bisa lihat terbagi beberapa kotak dan pada pintu kulkas pun tetap ada batasan antar rak, dan telur punya bagiannya sendiri. Hal tersebut bukan tanpa alasan, Pakar Institut Pertanian Bogor, Prof. Dr. Ir. Harsi Dewantari Kusumaningrum membagikannya pada awak media dalam peringatan Hari Kesehatan Lingkungan Sedunia, di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

“WHO atau badan kesehatan dunia telah memberikan panduan pada masyarakat untuk menyimpan makanan dan bahan makanan di dalam lemari es atau kulkas. Jadi, ada bagian-bagiannya untuk tiap jenis makanan yang disimpan,” ujarnya seperti dikutip oleh Agen Bola Terpercaya.

Harsi memberi contoh, daging yang perlu dibekukan perlu ditaruh di bagian freezer yang paling atas. Sementara itu, untuk makanan-makanan yang mudah terkontaminasi harus ditaruh di bagian dalam, supaya menghindari dari cemaran atau kontaminasi silang.

Berita Kampus

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Seperti Apa Instagram Masa Depan Setelah Ditinggal Pendirinya? ” ]

Kontaminasi ini perlu dihindari, sebab jika tidak makanan bisa menyebarkan penyakit bawaan pangan atau keracunan, yang disebabkan oleh mikroba atau agen yang masuk ke dalam badan melalui makanan yang dikonsumsi.

“Sedangkan, makanan yang sudah siap dimakan ada di bagian atas, jadi semuanya ada urutannya. Misalnya, tadi ada makanan yang tinggal dimakan, maka taruhlah di paling atas,” imbuhnya.

Beralih dari bagian atas lemari es, mari lanjut ke bagian bawah. Pada bagian ini, berdasarkan pada penjelasan Harsi, adalah tempat menyimpan bahan-bahan maknaan yang masih mentah dan perlu diolah. Sementara itu, sebuah kotak tersendiri yang ada di bawah merupakan tempat khusus untuk menyimpan sayur-sayuran dan bahan makanan mentah.

“Kemudian juga ada telur yang disediakan tempat di sisi sebelah kanan. Sudah dirancang seperti itu memang agar tidak mencemari makanan lainnya. Jadi, urutannya, yang paling atas adalah makanan yang sudah matang, bagian tengah setengah matang, dan yang paling bawah bahan makanan mentah.

Meletakkan bahan makanan yang mentah dengan makanan yang sudah matang tidak dianjurkan, karena berpotensi mencemari atau mengontaminasi satu sama lain. Taruhlah sesuai dengan tempatnya,” pungkasnya.