Berita Kampus

Berita KampusDuduk Lama di Toilet Sambil Main Ponsel Bisa Memicu Wasir

 

Anggapan ‘lebih baik ketinggalan dompet ketimbang ponsel’ bisa jadi benar adanya. Menurut survey yang dilakukan YouGov, hampir 57 persen orang Inggris bahkan tak mau ‘ketinggalan’ ponsel saat beranjak ke toilet. Sayangnya, kebiasaan membawa ponsel untuk dimainkan selama di toilet, seperti pada saat BAB, dapat memicu masalah kesehatan.

Toilet memang merupakan sarang dari bakteri dan kuman yang bisa memicu berbagai penyakit, seperti salmonella dan E. coli, bakteri penyebab penyakit tifus dan diare. Namun untuk kasus yang satu ini, bakteri dan kuman tak menjadi penyebab utamanya.

“Sebenarnya bukan bermain ponsel yang menjadi permasalahan, melainkan duduk di toilet dengan waktu yang lama akibat main ponsel yang dapat menimbulkan wasir,” ungkap ahli bedah kolorektal Dr. Karen Zaghiyan, dikutip dari Kampus Bet.

 

Baca Juga :

Tak Hanya Serang Lansia, Stroke Intai Generasi Muda

 

Ketika bermain ponsel di toilet, seseorang dinilai bisa ‘lupa waktu’ sehingga membuat orang duduk di toilet lebih lama, ketimbang saat mereka tidak membawa ponsel. Aktivitas yang paling banyak dilakukan ialah bermain gim dan ‘berselancar’ di media sosial. Sedangkan posisi dan durasi duduk lama di toilet dapat menekan pembuluh vena anus di rektum bawah yang akhirnya menyebabkan wasir.

“Untuk itu, bijaklah dalam menghabiskan waktu Anda di toilet. Gunakan toilet hanya jika Anda benar-benar membutuhkannya dan hindari duduk di toilet lebih dari 15 menit,” imbuh Zaghiyan. “Ketika BAB tak kunjung keluar selama beberapa menit di toilet, jangan memaksanya hanya karena ingin bermain ponsel. Bangunlah dan lakukan hal lain.”

Untuk menghindari masalah kesehatan lain, pastikan untuk tidak menyiram toilet dalam keadaan terbuka. Ketika menyiram toilet, partikel bakteri akan terbang ke udara dan mendarat di ponsel dan bahkan tubuh Anda. Kampus Bet