Berita Kampus

Berita Kampus‘Duplikat’ Suzuki Baleno Merek Toyota Meluncur di India

 

Toyota Glanza yang dirancang dari produk hatchback Suzuki Baleno resmi meluncur di India, Kamis (6/6). Mobil ini merupakan produk pertama hasil kolaborasi Toyota dan Suzuki.

Glanza adalah duplikat Baleno dengan perbedaan minor yang menunjukkan produk ini merek Toyota walaupun diproduksi lokal oleh Suzuki di India. Beda paling kentara Glanza dibanding Baleno dilihat dari bentuk gril yang unik dengan logo Toyota.

Ada dua pilihan mesin yang disediakan Toyota, yakni bensin K12B 1.200 cc bertenaga 83 hp dan 113 Nm dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan CVT serta diesel mild hybrid K12C 1.200 cc bertenaga 90 hp dan 113 Nm.

Toyota menawarkan empat varian, G M/T, G CVT, V M/T, dan V CVT. Mesin diesel mild hybrid hanya bisa terdapat pada varian terendah, G M/T.

 

Baca Juga :

Daftar Nikah dan Cerai Merger Otomotif Asal Eropa

 

Di kabin, Glanza punya tata ruang yang sama seperti Baleno seperti terlihat pada dasbor, ventilasi AC, sistem hiburan, dan lainnya. Meski begitu bagian kemudi diganti plus terdapat logo Toyota.

Varian G punya fitur automatic climate control, layar sentuh 7 inci dengan bluetooth yang kompatibel Android Auto serta Apple CarPlay, dua airbag, ABS, EBD, sensor pakir, tombol audio di kemudi, dan tombol start mesin.

Pada varian V fiturnya ditambah daytime runing light LED, lampu belakang LED, pelapis kulit pada kemudi, lampu depan otomatis plus follow me home, kamera parkir.

Glanza, yang namanya diambil dari bahasa Jerman berarti brilian/cahaya/berkilau, hanya produk awalan kolaborasi Toyota dan Suzuki. Kesepakatan lain dari perjanjian keduanya yang sudah diumumkan pada 20 Maret adalah Suzuki menyuplai Vitara Brezza, Ciaz, dan Ertiga ke Toyota.

Di lain sisi, Toyota menyediakan teknologi hybrid dan listrik serta memasok RAV4 dan Corolla ke Suzuki.