Berita Kampus

Berita KampusEfek Jarang Cuci Botol sampai Bersih, Bisa Timbulkan Penyakit Mematikan

Botol salah satu peralatan pribadi yang selalu dibawa kemana-mana. Tapi sayangnya, kalau tidak disimpan dengan benar dan dicuci dengan baik pasti timbul bakteri.

Tahukah Anda, banyak beberapa ciri-ciri botol yang sudah banyak terpapar bakteri. Pasti pencegahannya Anda harus rajin mencuci dan mengeringkan di tempat yang sesuai.

Spesialis Mikrobiologi Klinis RSCM/FKUI dr Yulia Rosa, SpMK mengatakan, setiap orang penting melakukan pencegahan supaya botol tidak terpapar bakteri. Jangan sampai mikroorganisme terpapar dalam botol dan sebabkan penyakit.

“Kalau lihat mikroorganisme dari kasat mata bisa seperti ada cacingnya. Tapi kalau bakteri tidak terlihat, dan jangan sampai menempel serta berkembang biak,” ujar dr Yulia saat Media Gathering bersama Scotch Brite di Modena Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

Setiap selesai dipakai, tambah dr Yulia, pastinya harus segera dicuci. Pastinya botol debuan dan rentan bakteri, apalagi kalau botol itu lama disimpan dalam tas, mobil, motor, sampai di meja kerja.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Hellboy Reboot Ternyata Film Dewasa, Yuk Intip Foto Terbarunya ” ]

Bila botol tersebut jarang dicuci, pasti bakterinya dapat menimbulkan penyakit. Biasanya akan memunculkan gejala klinis, seperti diare ringan sampai berat, cholera dysentri, mual, muntah, demam, kuning (hepatitis), sakit perut, dehidrasi, urin berwarna seperti teh, hingga keracunan makanan.

“Setiap mikroorganisme bakteri dan virus punya masa inkubasi berbeda-beda. Ada yang 6 jam habis makan, dengan faktor pengaruh toksin dalam bakteri. Begitu juga imunitas berpengaruh,” katanya dilansir oleh Agen Bola Online.

Nah, Dr Yulia juga membeberkan cara mencuci botol yang benar. Langkah-langkahnya:

1. Buka dulu semua sisi botol, keluarkan sedotan dan buka tutupnya.

2. Bilas dengan air panas dan kocok-kocok.

3. Setelah itu beri sabun, kalau berkerak perlu dihilangkan pakai baking soda dan digosok pakai sikat.

4. Bilas dan keringkan di tempat yang tidak lembap.