Berita Kampus

Berita KampusHongMeng Dirilis, Android Setop Update HP Huawei Pekan Depan?

 

Huawei Technologies resmi memperkenalkan Operating system (OS) HongMeng buatan sendiri. OS baru ini diprediksi akan menggantikan Google Android di perangkat Huawei. Di Inggris nama yang digunakan Huawei HarmonyOS.

OS ini diperkenalkan CEO Divisi Konsumer Huawei Richard Yu dalam acara Huawei Developer Conference di Dongguan (China). Richard Yu mengatakan sistem operasi ini dapat digunakan di berbagai perangkat mulai dari smartphone, speaker pintar bahkan sensor, seperti dikutip dari Kampusbet, Jumat (11/8/2019).

Peluncuran HongMeng merupakan jawaban dari kebijakan AS yang memasukkan Huawei dalam daftar hitam (blacklist). Dampaknya perusahaan AS dilarang untuk berbisnis dengan Huawei tanpa ada restu pemerintah.

Kebijakan pelarangan ini dipatuhi Google. Mereka mengatakan akan berhenti melisensi dan mengirimkan update software ke perangkat Huawei. Aturan ini berlaku 19 Mei 2019.

Namun kemudian aturan ini dilonggarkan. Departemen Perdagangan AS memberikan masa transisi selama 90 hari sebelum aturan ini berlaku penuh. Artinya, aturan ini berlaku penuh 19 Agustus 2019.

 

Baca Juga :

Siapa yang bisa Membobol Keamanan iPhone? Apple Siapkan Hadiah Rp14,2 Miliar

 

Saat ini Google memang sedang melobi Departemen AS untuk mengecualikan Google dari kebijakan tersebut. Mereka berargumentasi pelarangan tersebut malah membuat perangkat Huawei yang menggunakan Android lebih mudah lagi disusupi bug untuk tujuan spionase.

Hingga sekarang linsensi berbisnis tersebut belum juga keluar tapi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump punya kebijakan baru. Trump memerintahkan seluruh pemerintah pusat maupun daerah tidak boleh berbisnis dengan Huawei. Ini efek dari perang dagang yang kembali panas.

“Kami tidak akan berbisnis dengan Huawei … Saya telah membuat keputusan itu. Jauh lebih mudah untuk tidak melakukan bisnis dengan Huawei. … Itu tidak berarti kita tidak akan menyetujui sesuatu jika dan ketika kita membuat kesepakatan perdagangan, “kata Trump.

“Kami sedang berbicara dengan Tiongkok; kami belum siap untuk membuat kesepakatan, tetapi kami akan melihat apa yang terjadi … Cina ingin melakukan sesuatu, tetapi saya belum melakukan apa-apa. Penyalahgunaan izin selama dua puluh lima tahun. Saya tidak siap begitu cepat,” kata Trump.

Keputusan baru Trump pada Huawei diterbitkan setelah China menghentikan pembelian produk pertanian Amerika sebagai balasan atas ancaman tarif kejutan Trump pekan lalu. China juga membiarkan mata uangnya melemah terhadap dolar ke level terendah sejak 2008. Kampusbet