Berita Kampus

Berita KampusHujan Bikin Kenangan Masa Lalu Datang, Ini Penjelasannya

Hujan dan kenangan seringkali disebut suatu kesatuan. Di mana ada hujan, di situ pula kenangan akan datang. Bahkan ada pepatah ‘hujan bisa membangkitkan kenangan’. Mengapa fenomena hujan sering dikaitkan dengan kenangan masa lalu? Jawabannya bisa karena cuaca itu sendiri memengaruhi suasana hati kita.

Seasonal Affective Disorder (SAD) adalah sebutan bagi orang-orang yang merasa suasana hatinya lebih sendu dari biasa saat cuaca mendung. Kecenderungan seseorang untuk mengalami hal ini selain dipengaruhi oleh faktor lingkungan juga bisa terjadi karena faktor psikis yang sudah dialami individu tersebut.

Seperti halnya dirangkum Agen Bola Online dari berbagai sumber, Kamis (6/12/2018) ada beberapa alasan ilmiah mengapa Anda seketika bisa ingat kenangan masa lalu sehingga mellow saat hujan turun.

1. Cuaca memengaruhi mood seseorang

Sebuah studi oleh peneliti di Universitas Brigham Young (UBM) mengungkapkan saat orang-orang lebih sedikit terpapar sinar matahari, misalnya karena hujan atau polusi, mereka bisa lebih rentan merasa tertekan secara mental. Sehingga cuaca bisa memengaruhi suasana hati sesorang. Jadi, kondisi manusia saat dalam cuaca tertentu berhubungan dan dipengaruhi oleh cuaca yang sedang dialami.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Camila Cabello Sapa Joy ‘Red Velvet’ dan Rose ‘BLACKPINK’, Fans Heboh ” ]

2. Hujan membuat perasaan tak baik datang

Pada tahun 2013 ada beberapa ilmuwan yang melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa hujan dan cuaca yang sangat panas dapat memengaruhi perasaan seseorang menjadi tidak baik. Sementara itu, sebuah penelitian lain membuktikan bahwa aroma khas yang basah saat hujan ini bisa mengundang rasa nyaman. Nah, rasa nyaman ini bisa menghadirkan rasa tenang sesaat bagi Anda untuk melakukan refleksi terhadap banyak hal. Salah satu refleksinya mungkin Anda mengingat kembali masa lalu.

3. Zat serotonin berkurang ketika hujan

Serotonin merupakan zat protein pembawa sinyal yang memiliki tugas meneruskan sinyal dari sel saraf menuju sel target. Serotonin ini memiliki tugas untuk mengatur mood dan memegang peranan dalam proses mengingat. Saat hujan, mendung dan cuaca menjadi lebih gelap. Maka serotonin bisa mengalami penurunan kadarnya sehingga mood bisa berubah dan orang cenderung akan melamun dan akhirnya menjadi mengingat kenangan masa lalu sehingga mellow.