Berita Kampus

Berita Kampus Ini Perbedaan Virus hingga Trojan yang Sering Menyerang PC

Sebagian orang mungkin akan frustasi apabila komputernya diserang virus. Virus yang menyerang parahnya dapat menyebabkan kehilangan banyak file dan data penting.

Sebagian orang menyebutnya dengan istilah virus. Padahal bukan virus saja yang dapat merusak komputer. Berikut Okezone merangkum perbedaan berbagai program yang dapat merusak komputer Anda seperti dikutip Agen Bola.

Berita Kampus

1. Virus

Virus komputer adalah malware yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga. Virus tidak dapat berjalan atau aktif secara otomatis, tetapi memerlukan tindakan dari pihak ketiga.

Virus biasanya menyamar menjadi bentuk lain, seperti file gambar, dokumen atau folder yang akan aktif ketika di-klik atau dijalankan.

Untuk meyakinkan pengguna, pembuat virus komputer biasanya memalsukan virusnya dalam bentuk icon atau ekstensi gambar porno yang seringkali membuat pengguna tertarik untuk membuka file tersebut.

2. Malware

Malware atau Malicious Software adalah sebuah software yang dapat menghapus, menyembunyikan, mencuri, merusak, dan mengkonsumsi bandwidth atau sumber daya lain Anda dengan cara menyusup ke sistem yang ada di komputer tanpa izin pemilik.

Hindari menggunakan program bajakan, crack atau pun nulled. Selain itu, Anda harus selalu update dan scan sistem, software dan browser yang digunakan dengan antivirus.

Berita Kampus

[ Baca Juga berita Kampus : ” 250 Mobil Modifikasi Bertarung di Ajang Final IAM ” ]

3. Spyware

Program ini dibuat untuk memata-matai profil pengguna komputer. Ini dapat menimbulkan kerugian yaitu pencurian data dan menambah biaya pemakaian internet.

Untuk mencegahnya Anda bisa menginstall aplikasi antivirus seperti AVG Anti Spyware atau menonaktifkan cookies dalam web.

4. Adware

Adware adalah perangkat lunak yang mempunyai kemampuan menginstalasi dirinya sendiri pada komputer diam-diam dan menampilkan iklan saat pengguna mencari informasi di internet.

klan yang ditampilkan oleh Adware berbeda-beda, ada yang bersifat sangat mengganggu seperti munculnya pop-up di desktop atau pun iklan yang muncul di browser dengan menampilkan mesin pencari khusus.

Pengguna akan sangat terganggu dengan banyaknya iklan yang muncul pada komputer, selain itu Adware juga dapat mengarahkan pengguna ke situs atau aplikasi berbahaya yang dapat merusak komputer.

Anda harus lebih waspada saat menginstall suatu program dan selalu rutin update dan scan anti-virus.

Ilustrasi

5. Trojan

Trojan adalah software yang dibuat seperti program baik dan berguna pada pengguna komputer (crack, game, atau program lain).

Akan tetapi ketika diinstal ke dalam komputer trojan dapat memata-matai, mencuri data, dan mengirimkan file pengguna ke tempat lain tanpa diketahui oleh si pengguna komputer tersebut.

Hindari penggunaan software illegal dan pastikan Anda memasang antivirus yang selalu update dengan mengaktifkan Firewall agar Trojan tidak masuk ke komputer Anda.