Berita Kampus

Berita KampusKembali Tumbang, Ada Apa dengan Instagram dan Facebook?

 

Gangguan terkini yang menimpa Instagram dan Facebook, membuat banyak orang bertanya, ada apa dengan keduanya? Belakangan, cukup sering kedua layanan dalam satu atap ini down secara bersamaan.

Dalam setahun ini saja, setidaknya sudah tiga kali Instagram dan Facebook tumbang. Pada April 2019, tak hanya Instagram dan Facebook, WhatsApp yang juga sama-sama berada di bawah naungan Facebok juga down.

Kemudian pada Juli 2019, hal serupa kembali terjadi. WhatsApp, Instagram dan Facebook tumbang secara berbarengan. Yang paling merepotkan mungkin tumbangnya WhatsApp, karena nyaris semua orang di dunia ini bergantung pada WhatsApp untuk berkomunikasi.

Kini, Instagram dan Facebook kembali down. Pengguna di berbagai negara, termasuk Indonesia terkena dampaknya pada Kamis (28/11) malam. Saat ini, keduanya sudah berangsur pulih. Beruntung, kali ini WhatsApp tidak mengalami kejadian yang sama.

 

Baca Juga :

Black Shark 2 dan Black Shark Pro Resmi Diluncurkan di Indonesia, Ini Harganya

 

Ada apa dengan layanan ini? Pihak Facebook memang tidak menyebutkan secara jelas penyebab tumbangnya layanan mereka. Namun kecurigaan lagi-lagi mengarah pada rencana integrasi antara ketiganya. Bisa saja dalam uji coba integrasi, muncul masalah yang menyebabkan tumbang massal.

Beberapa pihak, termasuk Facebook sendiri, mengakui bahwa integrasi Facebook di Messenger, WhatsApp, dan Instagram bukan perkara mudah. Para engineer Facebook harus bekerja keras untuk mewujudkan ide dari Mark Zuckerberg ini.

“Rencana ini, yang ditargetkan selesai tahun ini atau awal tahun 2020, membutuhkan tim yang tidak sedikit untuk mengintegrasikan WhatsApp, Instagram, dan Messenger di tingkat yang paling dasar,” tulis Kampusbet beberapa waktu lalu.

Hal ini dilakukan dengan menyatukan infrastruktur teknis dasar masing-masing platform. Brian Acton, pendiri WhatsApp, sejak awal telah berulang kali memberikan sinyal pesimisme.

“Mark punya ambisi tinggi dan saya pikir tadinya tahun ini akan menjadi tahun terwujudnya penyatuan tiga layanan tersebut. Berhasil atau tidaknya, baru akan telrihat nanti,” kata Acton. Kampusbet