Berita Kampus

Berita Kampus – Lima Ponsel 5G yang Diprediksi Muncul di 2019

 

Kemunculan teknologi 5G mendorong produsen ponsel untuk turut meramaikan perangkat pendukung. Sejumlah produsen perangkat pintar seperti Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Sony memastikan akan membuat ponsel yang mendukung jaringan generasi kelima.

Berbeda dengan teknologi 4G, 5G digadang-gadang menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat untuk mengunduh fan mengunggah konten. Di samping itu, 5G juga bisa digunakan dengan lebih masif seperti drone hingga mobil otonom.

Dirangkum dari Agen Bola Online, berikut lima ponsel yang telah mendukung teknologi generasi kelima.

Samsung Galaxy S10 5G

Selain merilis tiga varian Galaxy S10 pada perayaan satu dekade ponsel flagship seri S, Samsung juga memperkenalkan ponsel tersebut dalam versi 5G. Dibandingkan dua ‘saudara kandungnya’, Galaxy S10 5G memilik layar lebih lapang dengan ukuran 6,7 inci quad HD Amoled.

Bukan hanya berbeda dari sisi teknologi pendukung, Samsung juga mmbenamkan sensor kamera untuk hasil foto lebih baik, meningkatkan kapasitas baterai, serta teknologi fast charging. Sensor kamera belakang memiliki kedalaman hQVGA 3D untuk meningkatkan kualitas foto dan penambahan efek saat merekam video. Hanya saja, Samsung memangkas memori Galaxy S10 5G dengan RAM 8 GB sementara Galaxy S10+ dibekali RAM 12 GB.

Lima Ponsel 5G yang Bakal Muncul di 2019

 

Baca Juga :

Pemindai Sidik Jari Galaxy S10 Bisa Dikecoh

 

Huawei Mate X

Tak mau kalah, Huawei turut mengembangkan ponsel yang mendukung jaringan 5G bernama Mate X. Produsen asal China ini membuat Mate X sebagai ponsel layar lipat dengan layar 8 inci ketika dibentangkan dan 6,6 inci ketika dilipat.

Huawei menempatkan kamera di salah satu sisi tebal ponsel. Untuk urusan performa, Mate X dibekali prosesor Kirin 980, RAM 8 GB, memori internal 512 GB, baterai berkapasitas 4.500 mAh. Ponsel ini dijadwalkan rilis pada pertengahan 2019 dengan banderol sekitar 2.000 euro atau setara Rp30 juta.

Oppo Reno

Oppo dijadawalkan akan memperkenalkan ponsel 5G pertamanya pada 24 April mendatang. Belum diketahui berapa harga yang akan dibanderol Oppo untuk ponselnya itu.

Reno hadir dengan dapur pacu Snapdragon 855, RAM 8 GB, dan memori internal 256 GB. Dengan layar 6,6 inci, ponsel ini dibekali kamera ganda di bagian belakang.

Xiaomi Mi Mix 3

Upaya Xiaomi berubah imej tampak dari rencana untuk merilis ponsel dengan teknologi 5G pada Mei mendatang. Xiaomi Mi Mix 3 diperkirakan akan menjadi ponsel 5G termurah dibandingkan kompetitor yakni dipasarkan dengan harga Rp7 juta hingga Rp10 juta.

Menyoal jeroan, Mi Mix 3 dibekali prosesor Snapdragon 855, modem X50, RAM 10 GB, serta memori 256 GB. Hanya saja, kamera bukan menjadi aspek yang diutamakan oleh Mi Mix 3 karena kamera belakangan hanya 24 GB dan kamera depan 2 GB.

Sony Xperia 5G

Berbeda dengan kompetitor yang sudah optimis dengan ponsel berteknologi 5G, Sony justu baru memboyong varian purwarupa Xperia 5G di gelaran Mobile World Congress 2019. Mengutip Pocket Lint, Xperia 5G memiliki rasio layar 21:9 degan prosesor Snapdragon 855 dan cip modem X50.

Adam Marsh, salah satu tim komunikasi Sony global mengatakan jika ponsel yang dipamerkan bukan produk komersial meski telah melalui serangkian percobaan oleh kalangan terbatas untuk pengujian penggunaan, jaringan, dan pengalaman pengguna. – KAMPUSBET