Berita Kampus

Berita KampusLorenzo Ungkap Alasan Tak Gunakan Ban Soft di Misano

Pembalap Tim Ducati Corse, Jorge Lorenzo, mengalami masalah serius pada ban saat mentas di MotoGP San Marino 2018. Pasalnya, ban yang digunakan tidak sesuai dengan biasanya. Lorenzo pun membeberkan alasan dirinya tak menggunakan ban soft seperti yang biasanya digunakan saat tampil di Sirkuit Misano, San Marino, Italia, beberapa pekan lalu.

Lorenzo mengaku keputusan menggunakan ban medium diambil lantaran dirinya mengalami banyak masalah saat memakai ban soft di sesi latihan bebas dan pemanasan. Padahal biasanya, pembalap berjuluk X-Fuera itu tidak pernah mengalami masalah apa pun. Dia pun menduga hal ini terjadi karena komponen ban soft berbeda seperti biasanya.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Anda Suka Mengigau? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya di Sini ” ]

Karena masalah ini, Lorenzo pun tak mau mengambil risiko besar dan memutuskan untuk menggunakan komponen ban yang berbeda dari biasanya. Akan tetapi, keputusannya tidak membuat perubahan besar dalam balapannya. Pembalap berpaspor Spanyol itu malah harus tercecer ke posisi ke-17 saat mentas di Sirkuit Misano.

“Saya sudah mencoba menggunakan ban belakang soft saat latihan bebas, tetapi setelah lima lap, ban belakang yang lembut benar-benar hancur, terutama pada Jumat. Sangat aneh. Sepertinya, Michlein membawa jenis ban yang berbeda meskipun itu memiliki nama yang sama. Itu tampak jauh lebih lembut,” ujar Lorenzo, sebagaimana dikutip dari Agen Bola Terpercaya, Senin (17/9/2018).

“Tidak mungkin bagi pembalap atau pabrikan untuk menggunakan ban ini di balapan. Ban depan yang lunak mungkin bisa kami ambil di balapan. Saya mencoba ban soft di sesi pemanasan pertama, namun ban tidak bisa digunakan. Mungkin, saya bisa mengambil ban dengan komponen lebih lembut lagi di trek lainnya,” tukasnya.