Berita Kampus

Berita KampusMadu Heather Irlandia Sehat Seperti Manuka

Apakah ini merupakan ucapan selamat tinggal pada madu manuka?

Manfaat kesehatan madu heather Irlandia sebanding dengan madu manuka, seperti yang di klaim oleh sebuah penelitian terbaru.

Madu manuka – yang harganya sekitar £ 40 untuk botol kecil – telah dipuji dalam beberapa tahun terakhir karena jenis obatnya: ia memiliki jenis antioksidan, antibakteri, antidiabetik dan anti-inflamasi yang tinggi.

Namun penelitian baru menunjukkan bahwa madu Irlandia yang jauh lebih murah dapat memberikan peningkatan kesehatan yang sama besarnya.

Dalam studi yang dilakukan oleh Dublin City University dan Trinity College Dublin, para peneliti menyimpulkan bahwa madu Irlandia mengandung banyak antioksidan kuat (disebut senyawa fenolik) sebagai mitra priciernya.

Antioksidan bermanfaat bagi kesehatan kita karena mereka membantu mencegah kerusakan yang terjadi di sel-sel tubuh, dan itu juga telah ditemukan efektif dalam melawan infeksi dan mempromosikan penyembuhan.

Kesimpulan ditarik setelah peneliti disumbangkan 131 sampel madu dari peternak lebah di seluruh Irlandia. Sampel adalah campuran multi-bunga madu (beberapa perkotaan, beberapa dari lokasi pedesaan), madu ivy, madu minyak lobak dan tiga madu heather.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Shopee Bakal Gelar Super Flash Sale ” ]

Mereka menemukan bahwa madu heather Irlandia memiliki kandungan fenolik total tertinggi (tertinggi dalam antioksidan) dari semua madu yang diuji – dan bahkan lebih tinggi dari madu manuka.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa madu multi-bunga yang dihasilkan oleh lebah perkotaan dengan akses ke berbagai macam bunga mengandung lebih banyak antioksidan daripada madu yang diproduksi oleh lebah pedesaan.

Penjelasan yang mungkin untuk perbedaan ini adalah bahwa ada keragaman dan kelimpahan bunga yang lebih besar pada sekitar sarang di daerah perkotaan.

Profesor Jane Stout dari Trinity College Dublin menjelaskan: “Menemukan perbedaan dalam komposisi madu antara daerah perkotaan dan pedesaan mungkin mencerminkan perbedaan dalam ketersediaan bunga di daerah perkotaan dan pedesaan di Irlandia.”

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa madu yang lebih gelap cenderung lebih tinggi dalam antioksidan daripada yang lebih pucat, namun madu yang paling gelap yang diuji, madu ivy, masih memiliki kandungan fenolik total yang lebih rendah daripada madu heather dan manuka.

“Mampu mengukur bahwa madu Irlandia memiliki kandungan fenolik yang tinggi, dan khususnya bahwa kandungan madu madu Heather sebanding dengan madu manuka, sangat menarik bagi kita,” kata Dr Blánaid White dari Dublin City University pad Agen Bola Terpercaya.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa madu Irlandia adalah produk berkualitas tinggi dan sesuatu yang benar-benar kita hargai. Minat dalam perlebahan dan produksi madu berkembang di Irlandia, dan kami senang dapat mendukungnya. ”