Berita Kampus

Berita KampusMasih Tak Yakin Facebook & Google Diam-diam Kumpulkan Datamu?

 

Facebook dan Google jadi dua layanan yang sering digunakan dalam beraktivitas di dunia maya. Layanan kedua perusahaan ini sudah melekat dalam keseharian pengguna.

Facebook dan Google memang menawarkan kemudahan dan layanan gratis bagi penggunanya, namun diam-diam kedua mengumpulkan data pengguna. Kedua mengumpulkan data pengguna melalui riwayat (history) pengunaan layanan oleh pengguna.

Facebook dan Google menyatakan tidak akan menjual data pengguna. Facebook dan Google juga memberikan kebebasan bagi para pengguna untuk mengontrol data yang selama ini telah dikumpulkan. Bahkan pengguna juga bisa menghapus data tersebut.

Mari kita simak bagaimana Facebook dan Google kumpulkan data penggunanya. Informasi ini diberikan agar pengguna lebih sadar akan privasi dan keamanan datanya yang dikutip oleh Kampus Bet.

Masih Tak Yakin Facebook & Google Diam-diam Kumpulkan Datamu?

 

Baca Juga :

Menkeu AS: Amazon Hancurkan Ritel Dalam Negeri

 

Facebook

Profil kamu: Ketika membuat akun Facebook meminta nama, tanggal lahir, nomor ponsel atau alamat email. Lalu Facebook akan mendapatkan informasi tambahan ketika kamu menyempurnakan profilmu. Facebook bisa mendapatkan tentang hubunganmu (relationship), kota asal kota tempat tinggalmu sekarang dan alamat rumah hingga tempat kerja, seperti dikutip dari business insider, Jumat (26/7/2019).

Mengikuti apa yang kamu lakukan di Facebook: Raksasa media sosial ini mengetahui kapan kamu log in, berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk online, di mana kamu log in. Hal lainnya, barang yang kamu beli langsung lewat Facebook, laman, akun dan hashtag yang dikoneksikan dengan Facebook.

Mengikuti percakapan kamu di Facebook Messenger: Facebook tidak membaca percakapan kamu tetapi memindai pesan chat. Tetapi Facebook tahu dengan siapa kamu ngobrol, seberapa sering dan seberapa lama. Dalam Facebook Messenger ada opsi enkripsi pesan namun layanan ini dimatikan secara default.

Mengikuti aktivitas kamu di luar Facebook: Raksasa teknologi ini memilik Facebook Pixel sebuah kode javascript yang di taruh di situs perusahaan. Jadi Facebook tahu beberapa situs yang kamu kunjungi.

Mengikuti aktivitasmu di aplikasi lain: Kamu pernah log in aplikasi lain dengan menggunakan akun facebook? Facebook akan bisa mendapatkan data tentangmu jika aplikasi tersebut setuju berbagi data. Kampus Bet