Berita Kampus

Berita KampusMicrosoft Bakal Rilis Laptop Layar Ganda September 2019

 

Microsoft dikabarkan akan merilis laptop ‘dua layar’ pertama mereka yakni Surface Centaurus, yang bakal dirilis September mendatang. Perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat itu telah merancang laptop Centaurus selama dua tahun dan disebut-sebut sebagai laptop andalan Microsoft.

Konsep laptop ‘dua layar’ Centaurus berangkat dari laptop layar ganda lain Microsoft yakni Courier yang sempat ingin diperkenalkan ke publik namun Microsoft membatalkan tanpa alasan yang jelas.

Selain itu, perusahaan juga diketahui sudah menghentikan proyek ponsel lipat ‘Andromeda’ untuk fokus pada pengerjaan laptop Centaurus.

Kepala Divisi Surface Panos Panay mengatakan bahwa Centaurus dirancang guna memberikan kemudahan kepada pelanggannya. Maka dari itu, ukuran Centaurus dibuat agar dapat masuk ke saku celana, seperti dilansir Kampus Bet.

 

Baca Juga :

Apple Berencana Pindahkan Produksi iPhone di Luar China

 

Centaurus bakal dilengkapi dengan Surface Pen dan memiliki keyboard berbasis layar sentuh. Menariknya, Microsoft juga berupaya untuk memajukan konstruksi engsel pada Centaurus.

Laptop ‘dua layar’ milik Microsoft ini dilaporkan menjalankan sistem operasi Windows Lite, yang juga dikenal sebagai OS Windows Core. Windows Lite merupakan versi efisien dari Windows 10. Microsoft menginginkan Windows Lite dapat bersaing dengan Chromebook dan iPad Pro.

Kendati demikian, Intel dikabarkan tertarik perangkat layar ganda Centaurus. Malah, Microsoft dan perusahaan cip itu disebut-sebut telah sepakat untuk menyematkan cip Intel guna mendukung dapur pacu Centaurus.

Windows Central pertama kali melaporkan kabar laptop layar ganda Surface Centaurus pada bulan Desember 2018.

Bersama Centaurus, para pejabat Microsoft juga mendemonstrasikan versi kerja xCloud dan telah diungkapkan lebih detail pada acara E3 Gaming Expo 2019 beberapa waktu lalu.

Microsoft juga dikabarkan tengah menghidupkan kembali fitur ‘Keluarga’ yang sebelumnya tersedia di Windows Phone guna bersaing dengan layanan pesan instan seperti WhatsApp. – Kampus Bet