Berita Kampus

Berita Kampus – Mobil Pakai Pelapis Kinclong Bukan Berarti Tidak Wajib Dicuci

 

Salah satu jurus paten membuat mobil senantiasa mengilap yaitu melapisi permukaan cat menggunakan lapisan khusus atau yang sering disebut coating. Seiring bertumbuhnya permintaan coating di Indonesia, makin marak juga kebiasaan kurang bijak yaitu malas cuci mobil.

Hasil dari teknik pemasangan coating sendiri dipercaya bikin kinclong mobil lebih awet ketimbang wax. Teknik tersebut memiliki efek daun talas, serta melindungi permukaan cat untuk jangka waktu lebih lama, bahkan hingga bertahun-tahun.

Brand Manager Global Auto Internasional Arta Alfatha, selaku distributor merek coating System X Indonesia, menjelaskan, meski kemampuan coating sudah bagus tetap saja harus diimbangi perawatan agar lapisan yang sudah menempel tidak pudar seiring pemakaian kendaraan.

Cara merawat lapisan tersebut, menurut Arta bisa dengan cara rajin membilas mobil usai diguyur hujan. Hujan, kata Arta mempunyai kandungan zat asam, sehingga jika tidak cepat dibilas dapat memudarkan lapisan.

“Maka itu pada saat selesai coating kami info ke konsumen bahwa paling tidak habis hujan bolehlah disemprot sedikit, tapi tidak usah menggunakan sabun,” kata Arta pada Agen Judi Bola SBOBET saat ditemui di kawasan Blok M, Jakarta Selatan belum lama ini.

Baca Juga :

India Ingin Rebut Gelar Basis Produksi Yamaha dari Indonesia

Selain hujan, Artha menuturkan cara yang sama juga harus dilakukan rutin apabila terlihat kotoran menempel.

“Ya itu kalau bicara merusak coating bukan hanya hujan juga, kotoran pun begitu misalnya ada kotoran burung atau getah saat kita parkir di bawah pohon. Jadi langsung bersihkan aja pakai air, bilas supaya awet,” ujarnya.

Coating merupakan perawatan mobil yang tergolong tidak murah, biayanya bervariasi tergantung jenis produk dan kendaraan. Misalnya pada produk baru System X dijual Rp4,5 juta hingga Rp18,5 juta.

Sementara merek lain seperti Toapcoat, harga pasarannya mulai Rp4,4 juta sampai dengan Rp7,2 juta.

Biasanya pihak penyedia coating juga memiliki penanganan perawatan pemakaian. Arta menambahkan selain perawatan di rumah, pemilik mobil sudah semestinya melakukan pemeliharaan berkala di tempat pemasangan.

“Jadi coating juga harus di-maintenance untuk paint corection. Jadi misalnya, ya kami akan poles lagi. Biaya tambahan tentu ada, tapi belum bisa saya sampaikan sekarang,” kata Arta. – KAMPUSBET