Berita Kampus

Berita KampusNekat Pakai BBM Tak Sesuai Anjuran, Pemilik Mobil Bisa Rugi

Penggunaan bahan bakar sesuai anjuran tentu sudah harus menjadi kepatuhan bagi pemilik mobil, tentunya produsen mobil mengembangkan mesin dengan kinerja yang telah disesuaikan penggunaan bahan bakarnya.

Banyaknya pemilik kendaraan yang mengabaikan penggunaan bahan bakar tidak sesuai anjuran, akan berdampak pada biaya servis yang akan jauh lebih besar. Terlebih ada ketentuan yang bisa membuat garansi mobil bisa hangus.

Menurut Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi seperti dikutip dari Antara, kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai standar dan anjuran akan berdampak pada gugurnya garansi yang diberikan.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Alasan Pemilihan GBK sebagai Venue Konser Ed Sheeran ” ]

 

“Setahu kami aturannya memang seharunya demikian. Kalau ada kerusakan yang disebabkan penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar maka diluar garansi,” dilansir Poker Online.

Mobil keluaran terbaru lanjut Nangoi, memang harus mengikuti aturan yang tertera pada buku manual yang dimiliki pemilik kendaraan. Dan dalam buku tersebut jelas dicantumkan penggunaan bahan bakar yang harus digunakan.

Saat ini Gaikindo bersama pemerintah telah menetapkan regulasi standar euro 4, yang artinya semua mobil produksi akhir Oktober telah dikembangkan untuk menggunakan bahan bakar dengan kualitas tinggi.

Aturan ini bertujuan agar, sistem gas buang yang dihasilkan dengan mesin standari euro 4 akan jauh lebih kecil dibanding dengan mesin sebelumnya yang masih mengusung standar euro 2.

Penggunaan bahan bakar dengan kualitas baik justru akan memberi dampak pada kinerja mesin menjadi lebih maksimal. Serta perawatan yang tak mahal, karena kinerja mesin didukung oleh penggunaan bahan bakar sesuai anjuran.

“Anjuran pabrikan sudah ada. Jadi, pemilik kendaraan hendaknya mematuhi,” pungkasnya.