Berita Kampus

Berita KampusWih! Nonton Film Horor Seperti ‘The Nun’ Ternyata Bisa Bikin Kurus Lho

Para pecinta film horor pasti sudah tak sabar ingin menonton film The Nun yang dijadwalkan rilis pada tanggal 7 September 2018 nanti. Tapi apakah kamu tahu bahwa menonton film horor bisa membantumu menurunkan berat badan?

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Westminster pada tahun 2012 meminta 10 orang untuk menonton film-film menakutkan yang berbeda. Penelitian ini memantau denyut jantung, keluaran karbon dioksida dan asupan oksigen ketika mereka menonton film.

Hasilnya menunjukkan bahwa menonton film yang memicu adrenalin selama 90 menit dapat membakar kalori rata-rata 113 kalori, ini setara dengan kalori yang dibakar saat berjalan selama 30 menit. Semakin menakutkan film yang ditonton, semakin banyak kalori yang terbakar selama menonton film tersebut.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Digempur PUBG, Mobile Legends Pede Tak Bakal Kalah Saing ” ]

Salah satu film yang diujikan kepada peserta adalah film The Shining tahun 1980, di mana film tersebut tercatat sebagai salah satu film horor yang bisa membakar hingga 184 kalori. Dr Richard Mackenzie, dosen senior dan spesialis metabolisme sel dan fisiologi di University of Westminster menjelaskan bahwa tiap film (yang diujikan) menentukan denyut jantung peserta.

“Semakin cepat denyut jantung dan darah terpompa lebih cepat, tubuh mengalami lonjakan adrenalin. Pelepasan adrenalin ini diproduksi saat adanya semburan stres singkat (atau dalam kasus ini disebabkan oleh rasa takut), yang diketahui dapat menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme basal dan akhirnya membakar sejumlah besar kalori,” terangnya, dikutip dari Agen Bola Terpercaya.

Selain menurunkan berat badan, menonton film seram juga bisa meningkatkan mood, menyingkirkan stres dan bahkan meningkatkan imunitas tubuh. Namun, Margee Kerr, sosiolog dan penulis dari Scream: Chilling Adventures In the Science of Fear menegaskan pada situs New York Times bahwa manfaat ini hanya bisa dirasakan oleh para pecinta film seram.

“Perbedaan dari pemancar saraf dan hormon yang dilepaskan saat menonton bisa menjelaskan (meningkatnya mood). Ada sensasi bagus dari rasa sukses menyelesaikan sesuatu setelah berhasil menekan rasa takut pada saat menonton film seram atau melakukan hal yang memacu adrenalin, seperti bungee jumping,” tandasnya.