Berita Kampus

Berita KampusPandemi Flu Burung Masih Berpotensi di Indonesia, Ini Faktanya!

Masih belum bisa hilang di benak masyarakat Indonesia mengenai flu burung. Kasus ini pernah mendapat perhatian dunia beberapa tahun yang lalu.

Nah, fakta menjelaskan bahwa pantemi flu burung masih berpotensi di Indonesia. Seperti yang dijelaskan Kepala Pusat Determinan Kesehatan Kemenkes RI Pretty Multiharina.

“Secara dunia, pandemi yang sudah biasa adalah influenza. Kalau bicara potensi, Indonesia sudah pernah punya avian flu, yang mana ini kasus flu burung yang cukup membahayakan dunia,” terangnya pada Judi Bola Online di Kantor Kemenkes Jakarta, belum lama ini.

[ Baca Juga Berita kampus : ” Berburu Monster di Catch Hago Monster Berhadiah Hingga Miliaran ” ]

Pretty menuturkan, makanya pihaknya kini mengadakan surveillance terkait dengan gen apa yang akan beredar untuk influenza. Hal ini tentunya berkaitan dengan upaya meminimalisir kasus tersebut.

Dia melanjutkan, surveillance dilakukan untuk melihat pptensi agar tidak terjadi pandemi. Influenza bisa saja terjadi, tapi ada pencegahan untuk musimannya.

“Perlu diketahui, sekarang itu ada yang namanya vaksin musiman. Sebab, untuk influenza, memang gennya selalu mutasi. Kalau sudah bermutasi, bahayanya akan semakin tinggi. Hal yang paling dikhawatirkan adalah gen influenza kawin dengan gen hewan misalnya babi. Ini bisa menjadi ganas dan ditakutkan,” ungkapnya.

Sementara itu, perlu Anda ketahuibahwa masalah ini juga akan dibahas di event Global Health Security Agenda (GHSA) yang akan diselenggarakan pada 5-8 November 2018 di Bali. Dalam GHSA itu, para peserta yang datang dari 19 negara akan membahas keamanan dunia dalam konteks penyakit dan faktor yang memengaruhi penyakit yang ada di seluruh dunia, salah satunya kasus pandemi yang satu ini.