Berita Kampus

Berita KampusPengguna Indonesia Disebut Tak Pentingkan Kamera Ponsel

 

Riset Google Indonesia menyebut pengguna ponsel Indonesia tidak terlalu mementingkan unsur kamera ponsel ketika memutuskan untuk membeli smartphone. Sebab, urusan kamera menjadi pertimbangan ke-12 dari berbagai pertimbangan lain.

Para pembeli ponsel menurut Google malah lebih mementingkan urusan kecepatan ponsel yang ditentukan oleh chipset yang digunakan. Pertimbangan terpenting dalam membeli ponsel adalah kapasitas baterai dan kapasitas memori yang ada di peringkat dua dan tiga.

“Ketiga hal itu (performa, baterai, dan memori) sudah menggeser kamera di posisi ke-12 dengan persentase 71 persen, masyarakat saat ini butuh sesuatu yang lebih penting dibanding kamera,” kata Senior Industry Analyst Tech & Telco Google Indonesia Yudistira Nugroho saat memaparkan Smartphone Insights 2019 di kantor Google Indonesia, Jakarta, Rabu (8/5) dilansir oleh Agen Bola Online.

 

Baca Juga :

Realme X Bakal Dibekali Sensor Sony IMX586 Kamera 48MP

 

Selain itu, menurut Yudhistira sebanyak 81 persen masyarakat Indonesia belum menentukan ponsel mana yang mereka akan beli akibat banyaknya merek smartphone yang beredar di pasaran.

Semakin banyaknya model smartphone, masyarakat bingung mana sih yang paling bagus. Sehingga saat mereka mau beli brand baru, mereka bingung mau beli yang mana,” jelas Yudistira.

“Sehingga 81 persen dari mereka belum memutuskan dan biasanya butuh 2 sampai 3 brand smartphone sebagai pembanding.”

Data-data tersebut merupakan didapat dari Google Smartphone Insights 2019. Survei ini dilakukan pada November sampai Desember 2018 terhadap 1.730 responden berumur 18 sampai 35 tahun.

Responden yang diambil adalah mereka yang baru membeli ponsel selama 3 bulan. Penelitian yang dilakukan Google Indonesia ini juga disponsori oleh studi dari Android Smartphone Purchase Journey Research tahun 2018 dan Google Smarter Smartphone Buyers Study tahun 2018. – KAMPUS BET