Berita Kampus

Berita Kampus – Perang Mobil Low MPV, Untung-Rugi bagi Konsumen

 

Banyak produsen automotif nasional yang berebut ceruk pasar kendaraan low multi-purpose vehicle (MPV) atau kendaraan keluarga yang memiliki penjualan paling besar di Tanah Air. Persaingan ketat antarprodusen menawarkan produk unggulan mobil jenis ini pun tak terelakkan.

Meski hingga kini Toyota masih menjadi produsen dengan angka penjualan terbanyak untuk model LMPV dari model Avanza selama 15 tahun, kedigdayaannya tersebut sempat goyah ketika produsen Mitsubishi meluncurkan Xpander sebagai model kendaraan penumpang di Tanah Air.

Tak bisa dimungkiri, kehadiran Xpander langsung meroket dan menjadi pilihan banyak konsumen karena memiliki model yang cukup menarik di tengah minimnya persaingan model MPV lain yang tak dapat menyentuh Toyota Avanza.

Di tengah Toyota Avanza baru saja meluncurkan versi penyegaran, Mitsubishi rupanya tak ingin membuat celah sedikit pun, di mana dalam pameran IIMS tahun ini, Xpander edisi spesial resmi meluncur. Meski memiliki harga lebih mahal sekira Rp11 juta, pilihan penyegaran yang dilakukan Mitsubishi makin membuka lebar terjadinya kembali persaingan mobil LMPV di Indonesia.

Low MPV Mitsubishi Xpander. (Foto: Mufrod/Okezone)

 

Baca juga :

Cukup Bayar Rp10 Juta, DFSK Persilakan Konsumen Bawa Pulang Mobil

 

Hadirnya model penyegaran yang dilakukan oleh produsen mobil tentu membuat banyak konsumen mendapat pilihan yang tak monoton. Konsumen dapat dengan leluasa memilih mobil bagi keluarganya sesuai dengan selera desain dan tentunya tetap memperhitungkan keunggulan yang ditawarkan jajaran mobil LMPV yang ditawarkan banyak produsen.

Namun di sisi lain, terus munculnya model penyegaran yang terjadi saat ini membuat beberapa konsumen yang baru saja membeli mobil keluarga merasa menyesal, karena tertarik dengan model terbaru yang diluncurkan produsen.

“Mobil model terbaru sekarang cepat keluarnya, sudah begitu desainnya keren-keren lagi. Padahal baru saja beli mobil, sudah keluar yang baru lagi,” ungkap Ridwan, salah satu pengunjung IIMS, kepada Judi Bola Online.

Di tengah ketatnya persaingan mobil LMPV yang banyak ditawarkan saat ini, tak bisa dimungkiri cara itulah yang banyak dilakukan produsen automotif nasional untuk mengambil hati para konsumennya dengan memberikan produk berkualitas serta dukungan layanan aftersales yang mumpuni untuk mendapatkan kepuasan dan kepercayaan di pasar automotif Tanah Air. – KAMPUSBET