Berita Kampus

Berita KampusSamsung Galaxy Note 10 Dikabarkan Tanpa Tombol

 

Samsung dirumorkan akan merilis seri selanjutnya dari Galaxy Note, yaitu Galaxy Note 10. Namun, kabarnya ponsel ini akan meluncur tanpa dilengkapi dengan tombol fisik apapun. Sehingga fungsi-fungsi untuk menyalakan dan mematikan ponsel pada tombol power, menurunkan dan menaikkan volume suara akan hilang. Sebagai gantinya, fungsi-fungsi itu akan digantikan dengan gesture pada layar.

Informasi dari Galaxy Note ini datang dari situs berbahasa Korea, ETNews. Ponsel ini nantinya akan menjadi ponsel Samsung pertama yang tanpa tombol fisik. Tombol-tombol yang akan dihilangkan antara lain tombol power untuk mati-nyala ponsel, tombol volume, hingga tombol Bixby yang merupakan perangkat lunak assistant bagi ponsel pintar Samsung.

Nantinya, Galaxy Note 10 akan menggunakan fitur gestur, serta sensor sentuh. Masih belum jelas gestur seperti apa yang nantinya akan digunakan untuk menyalakan perangkat, atau mengatur volume. Sebelumnya, Samsung dikabarkan telah mendaftarkan paten untuk sensor genggam pada pinggir perangkat, seperti yang ada di HTC U11.

Baca Juga :

Twitter Imbau Pengguna Tak Ikut Lelucon Ubah Tahun Lahir 2007

Sensor genggam ini membuat pengguna bisa menyalakan ponsel hanya dengan tekanan tertentu dibagian samping ponsel. Namun, belum ada informasi pasti apakah fitur ini akan hadir di Galaxy Note 10 nanti.

Dilansir dari Agen Bola Online, Samsung juga akan membenamkan empat kamera (quad-camera) serta kamera depan hole-punch pada ponsel ini. Hingga saat ini, masih belum ada pengumuman resmi terkait Galaxy Note 10, akan tetapi diprediksi bahwa perangkat ini akan mulai meluncur pada pertengahan tahun ini, sekitar bulan Agustus hingga September.

Selain itu, Galaxy A juga dikabarkan juga akan meluncur tanpa tombol fisik, seperti dilansir dari Pocket-lint. Tidak adanya tombol fisik juga membuat pengguna akan sepenuhnya bergantung pada layar. Sehingga ini akan sedikit menyulitkan pengguna untuk melakukan hard reset ketika layar bermasalah dan tak bisa disentuh.