Berita Kampus

Berita KampusSering Dibuang, Biji Mangga Bisa Dimanfaatkan untuk Obat Diabetes hingga Kecantikan

 

Mangga, buah ini memiliki rasa manis dan legit ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tapi banyak juga orang yang belum tahu kalau manfaat mangga bukan hanya ada pada daging buahnya saja, melainkan juga bijinya.

Biji mangga sendiri memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan dan tak kalah dari nutrisi daging buahnya. Biji mangga mengandung berbagai macam vitamin dan mineral. Walaupun tidak bisa dimakan secara langsung, namun biji mangga dapat diolah dengan cara dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk. Penasaran kan apa saja manfaat biji mangga? Yuk simak ulasan lengkapnya yang dilansir oleh Kampus Bet.

1. Mengontrol diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji mangga terdapat sifat antidiabetik yang efektif dalam mengendalikan diabetes secara signifikan dan dapat mengurangi kadar gula darah. Mengkonsumsi ekstrak biji mangga juga bermanfaat bagi penderita diabetes dan mereka yang berisiko terkena diabetes.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Pertanian dan Kimia Makanan, biji mangga memiliki manfaat yang ampuh untuk menurunkan dan menstabilkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan terdapat aktivitas antioksidan polifenol yang tinggi dalam biji mangga

3. Meringankan peradangan

Menurut International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research, senyawa fenolik dalam biji mangga bertanggung jawab atas aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan sistem pencernaan dan penyakit kronis lainnya.

 

Baca Juga :

Keju Amerika Serikat Dinobatkan Jadi yang Terbaik di Dunia

 

4. Membantu menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian, ekstrak biji mangga meningkatkan daya tahan glukosa dan juga mengurangi obesitas. Mengkonsumsi ekstrak biji mangga dapat membantu orang yang kelebihan berat badan atau obesitas menurunkan berat badan dan kadar kolesterol

5. Mengatasi diare

Dalam pengobatan tradisional India, biji mangga telah digunakan untuk khasiat anti diare. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology, menunjukkan bahwa ekstrak biji mangga menunjukkan sifat anti-mikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus aureus.

6. Mencegah kanker

Biji mangga mengandung antioksidan, fitokimia dan asam galat. Sebuah penelitian menunjukkan efek antiproliferatif dari ekstrak etanol biji mangga hasilnya positif dalam menurunkan risiko kanker payudara.

7. Kesehatan kulit

Dengan tingkat antioksidan yang tinggi, biji mangga dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit seperti menunda penuaan, mengurangi bekas jerawat, bintik-bintik penuaan dan kerutan, terutama jika digunakan dalam bentuk bubuk, kemudian dijadikan masker wajah.

8. Menjaga rambut tetap sehat

Selain untuk mencegah berbagai penyakit, salah satu manfaat kesehatan dari biji mangga adalah dapat mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi ketombe dan juga mengendalikan uban sejak dini. Biji mangga digunakan untuk memperkuat folikel rambut dan mencegah rambut rontok. Kampus Bet