Berita Kampus

Berita KampusSkutik ADV 150 Pakai Shock Tabung, Mirip Honda Tiger

 

Setelah terakhir digunakan pada Honda Tiger, pada tahun ini pabrikan berlogo sayap mengepak kembali menggunakan Shock Tabung pada matic adventurenya, yakni ADV 150.

Suspensi belakang yang digunakan ADV 150 ini disebut dengan Sub Tank Rear Cushion. Technical Service Divison AHM, Endro Sutarno menyebut aplikasi suspensi seperti ini sesuai dengan tujuan penggunaan ADV 150 untuk medan yang lebih sulit.

“Sebenarnya kita sudah pernah pakai juga di Honda Tiger dulu. Subtank ini dipakai memang untuk motor yang bisa dipakai gravel,” paparnya kepada Kampusbet di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ICE BSD, Tangerang, Senin (22/7/2019).

Endro menjelaskan kelebihan suspensi ini adalah untuk menghindari udara dan oli tercampur. Terlebih lagi jika saat suspensi bekerja keras menghantam jalan off road.

 

Baca Juga :

Menanti Kebangkitan Sedan di Pasar Otomotif

 

“Kelebihannya kalau single tub ditambah subtank bagian single tub terpisah oleh bahan berupa karet antara udara dan oli,” jelasnya.

Selanjutnya ia membeberkan bagaimana cara kerja dari subtank ini.

“Cara kerjanya saat terjadi kompresi oli akan menekan tabung sehingga jadi mengecil,” lanjut Endro.

Selain lebih baik di medan sulit, single tub yang menggunakan tambahan subtank juga lebih tepat digunakan saat bermanuver dengan kemiringan tajam. Endro mengklaim suspensi pada ADV ini akan memberikan tingkat kestabilan yang lebih tinggi sehingga grip ban pada jalan lebih baik.

“Saat cornering ekstrim shock akan mengalami kompresi besar. Ini Posisi kayak apapun udara tidak akan membocorkan piston,” pungkasnya. Kampusbet