Berita Kampus

Berita KampusStudi Ungkap Alasan Orang yang Berjodoh Wajahnya Mirip

Tentu Anda sering mendengar bahwa pasangan yang berjodoh itu wajahnya mirip. Mungkin secara logika sulit dipercaya, namun ternyata ada studi ilmiah yang melatarbelakanginya.

Menurut temuan yang dilansir dari laman TimesofIndia, semakin lama seseorang menjalin hubungan dengan pasangan maka keduanya akan menyesuaikan baik dari segi fitur dan kepribadian. Fenomena ini disebut konvergensi penampilan.

Menurut peneliti Robert Zajonc, seorang psikolog di University of Michigan, Amerika Serikat, semakin tinggi tingkat kemiripan wajah pasangan maka semakin bahagia keduanya. Zajonc mengatakan bahwa peningkatan kemiripan antara dua insan ini merupakan hasil dari saling berbagi emosi selama beberapa tahun bersama.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Selena Gomez Terus Berjuang untuk Penyembuhan Mentalnya ” ]

Zajonc mengatakan bahwa beberapa faktor yang menjelaskan antara lain diet yang sama. Pasangan umumnya, kata dia, mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya. Hal ini kata dia akan memengaruhi jaringan lemak, dilansir Agen Bola Terpercaya.

Ia juga menambahkan, orang yang sering secara tidak sadar menirukan ekspresi wajah pasangannya juga lama kelamaan akan mirip. Zajonc menduga bahwa hal ini ada kaitannya dengan otot-otot wajah yang terlatih karena menirukan ekspresi wajah pasangan.

“Kedekatan secara psikologis juga memainkan peranan penting dalam membuat dua insan mengalami kemiripan wajah,” tambah dia.

Jadi bagaimana, Anda percaya tidak kalau orang yang berjodoh itu mirip. Tapi yang perlu diingat kemiripan tak hanya sekedar tampilan wajah ya. Kebiasaan dan karakter yang Anda miliki pun bisa jadi terpengaruh dari si dia.