Berita Kampus

Berita KampusSurga Mobil Seken Murah dari Singapura

Singapura merupakan negara kecil namun memiliki perkembangan ekonomi yang cukup baik. Batasan penggunaan mobil 10 tahun yang kemudian harus dihancurkan, membuat banyak mesin hingga mobil lama dijual dengan harga murah.

Sayangnya selain dihancurkan banyak mobil maupun mesin mobil kondisi utuh masuk ke Indonesia melalui pasar ilegal. Seperti tiga mobil Nissan Skykline R33 dan R34 produksi 2000 serta Pantiac 1972 turut diamankan Tim gabungan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV melalui Tim Unit I Kejahatan dan Kekerasan Laut (Jatanrasla) bersama Dinas Pengamanan Angkatan Laut (Dispamal) dan Satgas Bais TNI.

Merujuk dari tahun produksi Nissan Skyline R33 & R34 produksi 2000 tentu tak diperbolehkan digunakan warga Singapura karena sudah melebih batas penggunaan selama 10 tahun. Di Indonesia sendiri merupakan negara tanpa pembatasan penggunaan kendaraan yang memungkinkan Nissan Skyline masuk ke tanah air melalui jalur ilegal, dilansir Poker Online.

Nissan Skyline sendiri merupakan mobil yang banyak diincar para pecinta kecepatan, mengingat Nissan mengembangkan Skyline sebagai mobil yang memiliki DNA balap. Karenanya banyak pakar automotif dunia menyebut Skyline sebagai mobil terbaik di dunia.

 

Skyline R33 merupakan model yang diproduksi era 1993 hingga 1998, mobil ini memiliki dua model mesin yakni 2.0 liter berkode RB20E dan 2.5 liter kode RB25DET. Mesin 2.0 liter mampu menghasilkan tenaga 153 hp, 192 Nm, sedangkan mesin 2.5 liter menghasilkan tenaga 187 hp, 231 Nm.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Ariana Grande Umumkan Jadwal Rilis Album ‘Thank U, Next’ ” ]

Nissan Skyline R34 merupakan pembaharuan dari R33 yang diproduksi 1998 hingga 2002. Generasi R34 hadir dengan pilihan dua pintu dan empat pintu. Dibekali mesin 2.0 liter dengan tenaga mencapai 153 hp dan torsi hingga 186 Nm.

Salah satu mobil klasik yang juga turut diamankan yakni Pantera produksi 1972. Mobil ini dirancang oleh desainer Italia kelahiran Amerika Ghia Tom Tjaarda, dalam rancang bangunnya Pantera memiliki desain bodi monocoque baja.

 

Uniknya Panter dibekali mesin V8 kubikasi besar 5,8 liter yang mampu meletupkan tenaga hingga 350 hp sedangkan torsi mencapai 451 Nm seluruh kecepatan disalurkan menggunakan transmisi manual 5 percepatan.

Di Indonesia Nissan Skyline banyak menjadi incara para modifikator sedangkan Pantera yang memiliki mesin kapasitas besar dan bentuk klasik bisa menjadi target para kolektor mobil lawas di Indonesia.