Berita Kampus

Berita KampusTak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Stres untuk Kehidupan

Setiap orang pasti pernah merasakan stres dalam hidupnya. Entah karena masalah pribadi, keuangan, pekerjaan, maupun yang lainnya. Tak sedikit ahli yang mengingatkan agar stres dikelola dengan baik. Sebab stres dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental. Selain itu sejumlah penelitian juga mengaitkan stres dengan penyakit.

Terlepas dari itu semua, stres sebenarnya memiliki dampak positif. Melansir Agen Bola Online, Rabu (2/1/2019), inilah dampak positif stres:

1. Membantu mengatasi masalah

Para peneliti mengungkapkan bila sedikit stres dapat membuat seseorang lebih kuat dan lebih mampu menghadapi situasi yang lebih penuh tekanan di masa depan. Sebuah penelitian yang dilakukan di UCLA dan diterbitkan dalam Psychology Today menyimpulkan orang dengan riwayat kesulitan seumur hidup melaporkan kesehatan mental dan kesejahteraan yang lebih baik di masa depan daripada mereka yang memiliki riwayat kesulitan.

2. Mendorong keluar dari zona nyaman

Tak sedikit motivator yang mengatakan untuk menjadi sukses harus keluar dari zona nyaman agar pribadi semakin berkembang. Namun seringkali berada di luar zona nyaman akan memicu perasaan tidak percaya diri dan takut menghadapi orang baru. Tapi ternyata, rasa tertekan dan stres dapat membantu seseorang melewati situasi yang membuat saraf tegang tersebut.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Aquaman Jadi Film Hits Terbesar DC Setelah Batman: The Dark Knight Rises ” ]

3. Memberikan motivasi untuk mendapatkan pencapaian

Para ahli di University College Berkeley menemukan bila sedikit stres membuat lelah. Dengan begitu orang cenderung segera menyelesaikan pekerjaannya agar lebih cepat beristirahat. Stres juga dapat mendorong seseorang ke tingkat kewaspadaan, perilaku, dan kinerja kognitif yang optimal. Tentu hal itu dapat membuat orang tersebut meraih pencapaian sesuai target.

4. Membantu menemukan situasi berbahaya

Setiap orang memiliki mekanisme pertarungan atau pelarian dalam dirinya. Para ahli berpendapat, tanpa stres orang mungkin tidak benar-benar berada ‘di sini’ untuk membicarakan dan mendiskusikan cara keluar dari masalah.

5. Baik untuk kesehatan

Saat stres orang cenderung mengalami detak jantung yang lebih cepat, telapak tangan yang berkeringat, dan ketidakmampuan untuk membentuk kalimat yang koheren. Tapi beberapa ahli berpendapat kondisi ini baik secara fisik. Ketika orang tersebut berusaha mengatasi hal-hal yang timbul karena merasa stres, maka dia dapat melatih tubuh untuk tenang.