Berita Kampus

Berita KampusTerlalu Cabul, Malaysia Larang Penayangan Film Hustlers

 

Pada 20 September 2019, Malaysia resmi mencekal penayangan film Hustlers. Lembaga Sensor Film Malaysia menilai, film terbaru Jennifer Lopez itu penuh dengan adegan tak senonoh yang seharusnya tidak ditonton masyarakat luas.

Pencekalan itu, kemudian diumumkan Square Box Pictures, distributor film Hustlers di Malaysia lewat Instagram. “Kami meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan para penggemar, media, dan rekan kerja atas pencekalan ini,” ujar perusahaan itu dalam unggahannya.

Lembaga Sensor Film Malaysia resmi mencekal Hustlers untuk tayang di negara tersebut. (Foto: Instagram/@squareboxpicturesmy)

Dalam wawancaranya bersama AFP, Kepala Lembaga Sensor Film Malaysia, Mohamad Zamberi Abdul Aziz menjelaskan alasan mereka mencekal film tersebut. “Terlalu banyak adegan cabul di dalamnya. Hustlers tidak layak tayang di Malaysia,” ujarnya seperti dikutip dari Kampus Bet, Senin (23/9/2019).

Dia menambahkan, “Anda bisa melihat payudara perempuan dan bagian vital pria secara jelas dalam film tersebut. Selain itu, terlalu banyak adegan tarian erotis dan penggunaan obat-obatan terlarang dalam Hustlers.”

 

Baca Juga :

Avengers: Endgame Ungkap Cara Kembalikan Captain America ke MCU

 

Pencekalan tersebut membuat penayangan film Hustlers yang seharusnya dijadwalkan pada 19 September 2019 di Malaysia, urung dilakukan. Sebagai negara dengan masyarakat mayoritas beragama Islam, pencekalan seperti ini memang bukan hal aneh.

Sebelum Hustlers, Malaysia juga melarang penayangan The Shawshank Redemption dan film anak-anak Barney’s Great Adventure. Sementara pada awal 2019, Lembaga Sensor Film Malaysia juga membuang adegan bercinta sesama jenis dalam film Rocketman.

Meski dicekal, namun pecinta film Hollywood di Malaysia tak kehilangan akal. Bahkan seorang netizen Malaysia mengaku, rela merogoh kocek dalam untuk menonton Hustlers di negara tetangga.

Tak masalah. Aku akan menonton Hustlers di Indonesia atau Singapura saja,” ujar seorang warganet. Sementara lainnya menuliskan, “Kenapa Lembaga Sensor Film Malaysia harus melakukan ini? Memalukan!

Film Hustlers yang dipenuhi para aktris ternama itu berkisah tentang sekelompok penari telanjang yang ‘merampok’ para pria kaya. Perempuan-perempuan itu akan mencekoki pria kaya itu dengan alkohol, sebelum menguras rekening tabungan mereka. Kampus Bet