Berita Kampus

Berita Kampus – Timberland Sulap Botol Air Bekas Jadi Sepatu, seperti Apa Bentuknya?

 

Produk sepatu asal Amerika, Timberland, menjadikan sampah plastik, untuk memproduksi sol sepatu mereka dengan menggunakan bahan bekas botol plastik.

Tidak hanya materi plastik saja yang digunakan sebagai sol sepatu, melainkan juga campuran dari karet daur ulang. Dalam produksinya mereka gunakan teknologi ReBOTL untuk membuat sepasang sepatu.

Hal itu diutarakan Anita Hartanus, Brand Manager Timberland Indonesia, di Paris Van Java, Kota Bandung. “Di seluruh dunia, kami sudah memanfaatkan kembali 310 juta botol air plastik untuk didaur ulang,” ujarnya.

Menuju 100 persen bahan daur ulang


 

Baca Juga :

Baru 3 Bulan Sudah Bosan Nge-Gym, Apa Sebabnya?

 

Sebenarnya, memproduksi sol sepatu menggunakan bahan daur ulang sudah Timberland lakukan sejak 2001. Namun, kala itu masih beberapa produk sepatu Timberland saja yang sudah menggunakan sol dengan materi daur ulang.

“Jadi, mengubah semua materi sepatu Timberland itu dilakukan bertahap. Saat ini, sudah 80 persen sol sepatu Timberland berbahan daur ulang,” ujarnya pada Situs Judi Bola.

Materi daur ulang tidak mengurangi kualitas Timberland. Di sisi lain, ia pun menegaskan, meski menggunakan materi daur ulang, kualitas produknya boleh diuji. Bahkan, ia memastikan bahwa tidak ada penurunan kualitas jika dibandingkan dengan Timberland keluaran lama. “Enggak mengurangi kualitas, karena sudah melalui proses tahap uji coba,” katanya. – KAMPUSBET