Berita Kampus

Berita KampusTips Mudah Pakai Ponsel Layar Jumbo dengan Satu Tangan

 

Menggunakan ponsel pintar dengan satu tangan tentu menjadi tantangan bagi para pemilik tangan berukuran mini selayaknya T-Rex. Tantangan semakin meningkat dengan tren layar ponsel yang semakin besar.

Menggunakan ponsel dengan satu tangan ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Dengan aplikasi atau pengaturan yang tepat, Anda bisa mengoperasikan ponsel dengan satu tangan. Berikut rangkuman Kampus Bet.

1. Quick Ball

Fitur ini akan memunculkan lingkaran kecil yang berisi pintasan Home, Menu, Lock, Screenshot, dan Back. Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna iPhone dan Android.

Fitur bisa diaktifkan dalam Pengaturan – Pengaturan Tambahan – Quick Ball. Tak perlu khawatir Quick Ball bisa dimatikan agar tidak muncul ketika membuka aplikasi.

Quick Ball bisa dimunculkan dengan cara di tap atau di swipe. Tap membuat Quick Ball akan terus ada, sementara Swipe akan membuat Quick Ball akan tersembunyi.

2. One Handed Mode

Tidak semua merek ponsel memiliki fitur agar ponsel bisa dioperasikan dalam mode satu tangan. One handed mode adalah fitur untuk mengecilkan gambar di layar ponsel. Ponsel dengan merek Nokia tidak memiliki fitur ini.

Khusus untuk Xiaomi bahkan ada pilihan untuk mengatur ukuran gambar. Ada dua pilihan ukuran gambar yang mengacu pada ukuran layar ponsel, yaitu 3,5 inci, 4,0 inci, 4,5 inci. Gambar di layar bisa disesuaikan untuk tangan kiri maupun tangan kanan.

 

Baca Juga :

Google Bikin Layanan Jejaring Sosial Baru, Saingi Facebook?

 

Pengguna Android bisa mengaktifkan fitur ini dalam Pengaturan – Pengaturan Tambahan – Fitur Satu Tangan.

Bagi pengguna iPhone, fitur ini dinamakan Reachable. Fitur dapat diaktifkan pada Pengaturan, General, Accessibility. Fitur akan membuat gambar di layar menciut ke bawah, dan bisa diperbesar dengan di swipe ke atas.

3. Gunakan Aplikasi Theme Launcher

Bagi Anda yang tidak memiliki fitur One Handed Mode, tak perlu berkecil hati. Anda bisa mengunduh beberapa aplikasi yang memudahkan untuk mengoperasikan ponsel hanya ddengan satu tangan.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Omni Swipe. Omni Swipe membuat pengguna bisa mengakses aplikasi favorit hanya dengan mengetuk ikon di pojok bawah ponsel.

Aplikasi favorit ini ditentukan oleh perilaku pengguna. Aplikasi yang sering dibuka akan berada di tombol akses pintasan tersebut.

Aplikasi sejenis lainnya adalah XDA One-Handed dan Swipe Home Button. Swipe Home Button lebih fokus agar pengguna bisa bebas menentukan gestur jari untuk membuka aplikasi tertentu

4. Kecilkan Layout Keyboard

Pengguna Android dan iPhone dapat mengecilkan keyboard agar nyaman untuk mengetik dengan satu tangan. Layout keyboard bisa diatur untuk mengecil ke arah kiri, tengah, atau ke kanan. Kampus Bet