Berita Kampus

Berita KampusToleransi Tinggi, Anggun Isi Soundtrack Film Dokumenter Silent Night

Anggun C. Sasmi kembali membuktikan bahwa musik dan seorang musisi mampu menjembatani segala perbedaan. Maka ketika dia didapuk untuk mengisi soundtrack film dokumenter Silent Night – A Song for the World, musisi 44 tahun itu mengaku merasa terhormat.

Mafhum, menurut Anggun, ada sederet musisi hebat dunia bergabung dalam proyek tersebut. Mereka adalah David Foster, Josh Groban, Andrea Bocelli, Kelly Clarkson, hingga Joss Stone.

Sangat tersanjung dan antusias bisa menjadi bagian dari proyek prestisius ini dengan sederet seniman internasional hebat di dalamnya. Aku tak sabar membagikan cuplikan film ini kepada kalian,” ujar Anggun dalam unggahan Instagramnya, pada 30 Oktober 2018 seperti dilansir oleh Judi Bola Online.

Sekadar informasi, A Song for the World merupakan film dokumenter tentang pembuatan dan sukses lagu Silent Night. Lagu yang diciptakan Franz Xaver Gruber pada 1818 itu tercatat telah dilantunkan dalam 140 bahasa di seluruh dunia.

Keterlibatan Anggun dalam proyek itu kemudian menuai apresiasi dari para penggemarnya. Akun @nurhasan18 misalnya, memuji kerendahan hati Anggun dalam menundukkan rintangan bernama perbedaan. “Ya Tuhan, kau melakukannya Mbak. Menghancurkan rintangan itu. Aku mencintaimu dan selalu mendukungmu. Selalu!” tulisnya di kolom komentar.

Sementara itu @rian.febriano mengapresiasi perjalanan Anggun yang sukses berkolaborasi dengan sejumlah penyanyi besar dunia, seperti Il Divo, Sarah Brightman, Celine Dion, hingga Lara Fabian. “Dan sekarang, aku sangat terkejut (dengan proyek ini) karena aku adalah penggemar berat Andrea Bocelli dan Josh Groban. Surprise banget ketika tahu @anggun_cipta satu proyek dengan mereka. Ah, tak sabar menunggunya.

Tentu tak hanya komentar positif yang diterima pelantun Snow On The Sahara tersebut. Ada beberapa netizen yang kembali mempertanyakan keyakinan yang dianut musisi kelahiran Jakarta tersebut. Pasalnya, tembang Silent Night alias Malam Kudus merupakan salah satu lagu Natal yang identik dengan agama Kristen.

[ Baca Juga Berita Kampus : ” Fabregas Buka Peluang Mudik ke Arsenal ” ]

Mohon maaf nih sebelumnya, bukan bermaksud julid. Saya mau tanya Mbak Anggun ini agamanya apa ya?” tanya seorang netizen. Rasa penasaran khalayak soal keyakinan Anggun memang cukup beralasan mengingat ini bukan pertama kali Anggun melantunkan Silent Night.

Pada perhelatan Concerto di Natale, di Vatikan, Italia, pada 25 Desember 2014, Anggun juga melantunkan Silent Night dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Pertanyaan seputar agama ini sebenarnya sempat dijawab Anggun dalam salah satu unggahannya di Instagram, pada 29 November 2016.

Dalam unggahannya bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu, Anggun menegaskan makna toleransi dengan saling menghormati sesama manusia meski berbeda keyakinan. “Saya orang Jawa berpaspor Perancis, beliau orang Indonesia berdarah Tionghoa. Saya muslim, beliau Kristen,” tulisnya kala itu.

Pada 2 April 2016, Anggun kembali menegaskan agama yang dianutnya kepada jurnalis Desi Anwar. Kala itu Anggun menjunjung tinggi Islam sebagai agama perdamaian. “Islam, agama itu bagi saya adalah sesuatu yang personal. Bagaimana hubungan aku atau seorang manusia dengan Tuhan,” ujarnya kaa itu.

Dia menambahkan, menetap di Perancis memberinya kesempatan untuk menunjukkan kepada masyarakat lokal tentang damainya Islam. “Ini yang selalu saya bawa setiap kali diwawancarai media asing. Islam selalu dikaitkan dengan teroris dan Timur Tengah. Tidak. Bukan begitu Islam ingin kita tunjukkan,” jelasnya.