Berita Kampus

Berita KampusDiduga web gelap mengarah ke penangkapan pencuri spyware 

Seorang programmer yang diduga mencoba menjual alat-alat pengintai yang dicuri senilai $ 50m (£ 38m) di web gelap telah ditangkap dan didakwa di Israel.

Perangkat lunak ini dilaporkan dicuri dari perusahaan keamanan bernama NSO Group, yang dikenal untuk membuat perangkat lunak pengawasan.

Mantan pengembang NSO diyakini telah mencuri kode itu setelah mengetahui bahwa dia akan dipecat.

Kementerian Kehakiman Israel mengatakan jika penjualan telah dilakukan, itu bisa membahayakan keamanan negara, dilansir Agen Bola.

Keamanan retak

Dalam sebuah pernyataan, kementerian mengatakan terdakwa adalah programmer senior di NSO yang memiliki akses ke sistem pengembangan perusahaan termasuk penyimpanan kode sumbernya.

Kementerian mengatakan bahwa setelah programmer mengunduh kode perusahaan, dia bertindak sebagai peretas dan berusaha menjual perangkat lunak di pasar gelap.

[ Baca Juga : ” Keluarga Berharap Mister Cakil Tak Ditahan Tapi Dimanfaatkan Negara ” ]

Dikatakan bahwa ia meminta pembayaran $ 50 juta untuk dibuat dalam kripto-kas agar lebih sulit dilacak.

Individu yang tidak dikenal yang setuju untuk membeli perangkat lunak menghubungi NSO sebelum kesepakatan itu berlanjut. Sebuah sengatan dibuat dan pencuri yang dicurigai ditangkap.

Surat kabar harian Israel Hayom melaporkan bahwa dakwaan terhadap mantan karyawan NSO mengatakan: “Tindakan terdakwa secara serius membahayakan Grup NSO dan dapat menyebabkan keruntuhannya.”

Programmer telah didakwa dengan pencurian, bermaksud untuk berkompromi dengan keamanan nasional, mengejar transaksi pertahanan yang tidak berlisensi dan gangguan sistem komputer.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh tim hukum terdakwa mengatakan kliennya “tidak pernah mencoba merusak keamanan nasional”.

Mereka menambahkan: “Kami percaya pengadilan akan mendapatkan kebenaran dalam kasus ini. Kami akan membuktikan tuduhan ini tidak proporsional dan tidak berdasar.”

NSO Group menjadi terkenal pada tahun 2016 setelah dituduh membuat perangkat lunak yang dapat mengatasi perlindungan keamanan di Apple iPhone.

Perangkat lunak NSO juga telah terlibat dalam skandal spyware yang lama berjalan di Meksiko.

Sebagai tanggapan, NSO mengatakan hanya menjual kepada agen resmi dan tidak memiliki kontrol atas cara alat-alatnya digunakan.