Berita Kampus

Berita Kampus Jangan Ditiru, Pengendara Mobil Ini Palsukan Pelat Nomor untuk Mencurangi Ganjil Genap

Ada-ada saja kelakuan pengendara mobil untuk melanggar aturan. Segala cara dilakukan untuk mengelabui polisi agar bisa melewati kawasan yang terkena perluasan ganjil genap.

Seperti yang dilakukan pemilik mobil Ertiga bernomor polisi B 2276 TZA yang tertangkap polisi di kawasan Sudirman.

Dilansir Poker Online, mobil tersebut mempunyai pelat palsu, di mana nomor polisinya digandakan dan diubah digit belakangnya menjadi angka ganjil, yaitu B 2279 TZA.

[ Baca Juga : ” Trailer Resmi ‘Wiro Sableng’ Dirilis Sebelum Pemutaran Film Bulan Depan ” ]

Hal ini dilakukan agar ia bisa bebas melintasi kawasan ganjil genap dengan menukar pelat nomor kendaraan sesuai dengan tanggalnya.

Sebelumnya, uji coba perluasan ganjil genap memang menuai banyak kritik. Pasalnya, dikhawatirkan akan ada bentuk-bentuk pelanggaran mengingat betapa mudahnya pelat nomor palsu bisa dibuat dan dibeli di Ibu Kota.

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono mengatakan, pihaknya tinggal menunggu peraturan gubernur (pergub) terkait penindakan perluasan ganjil genap selama Asian Games 2018 terbit. Sebab tanpa aturan itu, polisi tidak bisa sembarangan melakukan penindakan pelanggar ganjil genap.

“Kalau sudah ada pergubnya kita lakukan penegakan hukumnya. Kalau belum ada ya tidak bisa, belum ada landasan hukumnya. Jadi kita menunggu dari Pergub, pada saat tanggal 1 Agustus kita kalau ada pergub, kita siap melakukan penegakan hukum,” kata Nurhandono.