Berita Kampus

Berita Kampus Kecerdasan Buatan OpenAI Kembali Libas Tim Profesional Dota 2

Satu setengah bulan yang lalu, OpenAI memperlihatkan kemampuan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) milik perusahaan dengan melawan skuat Dota 2 terbaik di dunia.

Terkini, AI besutan perusahaan nirlaba rintisan Elon Musk ini kembali bertarung dan berhasil mengalahkan pemain profesional Dota 2.

Dilansir Agen Bola, bot AI yang diberi nama OpenAI Five ini melawan satu tim yang terdiri dari empat pemain profesional dan komentator gim Dota 2.

Adapun tim “manusia” beranggotakan, Ben “Merlini” Wu, William “Blitz” Lee, loannis “Fogged” Lucas, David “MoonMeander” Tan, dan Austin “Capitalist” Walsh.

Kedua tim bertarung dalam format pertandingan best-of-three (BO3).

Saking kuatnya tim OpenAI Five ketika bertarung di pertandingan pertama, tim yang terdiri dari pemain profesional Dota 2 tersebut tak mampu menghancurkan satu pun tower milik lawan.

Mereka baru bisa menghancurkan satu tower milik tim OpenAI di babak kedua. Tim manusia baru bisa berhasil kalahkan bot OpenAI Five di babak ketiga.

Persyaratan Kedua Tim Bertarung

Berita Kampus

Meski begitu, perusahaan mengakui pertandingan tersebut bukan gim standar Dota 2. OpenAI memodifikasi pertandingan tersebut agar bot AI bisa mudah menganalisa.

[ Baca Juga : ” Ini yang Harus Dilakukan Kalau Klakson Menyala Terus ” ]

Dalam pertandingan, kedua tim hanya bisa memilih heroes terbatas, tidak bisa menggunakan item tertentu di dalam gim, tidak boleh pakai wards, tak ada Roshan, dan sebagainya.

Pernah Kalah

Berita Kampus

Sekadar informasi, kemenangan OpenAI Five tak selalu berjalan mulus. Sebelumnya, pengembang OpenAI pernah kalah terhadap tim amatir ketika bertanding pada bulan Mei.

Pada Juni 2018, AI telah “matang” untuk mengalahkan beberapa pemain profesional, dan hari ini mampu menunjukkan kemampuannya dengan mengalahkan tim profesional DotA 2.

Berikutnya, OpenAI akan mengambil peran penting dalam pertandingan The International 8 yang berlangsung akhir bulan ini.

Di ajang besar tersebut, tim-tim terbaik akan bersaing untuk mendapatkan hadiah utama menjadi juara Dota 2 2018 dan membuktikan kemampuanya bertarung melawan AI.