Berita Kampus

Berita KampusKonsep Mobil Toyota Siap untuk Masa Depan

Pameran mobil berskala internasional dikenal karena memperkenalkan mobil konsep baru untuk masa depan dan Gaikas International Auto Show (GIIAS) baru-baru ini tidak terkecuali.

Pada acara yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) di Tangerang dari tanggal 2 hingga 12 Agustus, Toyota membawa Seri Tokyo Motor Show 2017-i-nya.

Serial ini terdiri dari Concept-i, iRide dan i-Walk.

Kendaraan konsep, yang dirancang untuk masa depan, mampu berinteraksi dengan pengemudi dengan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memahami perilaku pengemudi dan lingkungannya.

Toyota Concept-i pertama kali diperkenalkan pada Pameran Elektronik Konsumen 2017 (CES) di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada awal Januari 2017. Concept-i umumnya sangat futuristik dalam desain eksterior dan interiornya, yang memiliki scissor berbentuk pintu sambil mempertahankan mekanisme kemudi, memungkinkan empat kursi untuk didorong secara konvensional.

Terlepas dari penampilannya yang unik dilansir oleh Agen Bola Terpercaya, mobil ini cerdas karena AI dan teknologi mengemudi otomatis, dikombinasikan dengan sistem keamanan terbaru, termasuk kontrol cruise radar dinamis (DRCC), kontrol jejak jalur (LTC) dan antarmuka manusia mesin prediktif dan interaktif (HMI ). Ini juga dilengkapi dengan teknologi konektivitas baru yang menggunakan informasi pengemudi dari platform media sosial seperti Facebook dan Twitter serta teknologi GPS. Menambah fitur futuristik Toyota ini adalah sistem kecerdasan yang mendeteksi keadaan emosi pengemudi dengan menganalisis ekspresi wajah, gerakan tubuh, dan nada bicara. Sementara di bawah tekanan, misalnya, sistem dapat menawarkan akses ke opsi hiburan yang disukai oleh pengemudi. Konsep-i adalah 4.150 milimeter panjangnya, 1.830 mm lebar dan tinggi 1.475 mm, dengan kapasitas empat penumpang. Ruang propelannya dilengkapi dengan motor listrik, dengan baterai yang memungkinkan untuk daya jelajah 300 kilometer.

[ Baca Juga : ” Pasca-Gempa Lombok, 2 Persen BTS Belum Pulih ” ]

Kendaraan kedua, i-Ride, menyerupai mobil Smart Eropa, tetapi dengan pintu yang menggunakan desain yang disebut “sayap falcon”. Tidak seperti mobil biasa, i-Ride meniadakan roda kemudi, rem, dan pedal gas. Sebagai gantinya, joystick disediakan untuk memfasilitasi operasi. Selanjutnya, layar instrumen yang dipersonalisasi sepenuhnya mengadopsi teknologi driverless. Didesain sebagai twoseater perkotaan, i-Ride memungkinkan siapa pun untuk bepergian dan mengoperasikan kendaraan, termasuk pengguna kursi roda. Hanya 2.500 mm panjang, 1.500 mm tinggi dan 1.300 mm lebar, mobil listrik ini mampu menempuh jarak 100 km dengan baterai yang terisi penuh.

Kendaraan ketiga, i-Walk, memungkinkan transportasi ke tempat mobil ditolak aksesnya. Ini terlihat seperti Segway, tetapi lebih ringkas dan lebih mudah untuk dikendarai. Dirancang untuk digunakan pada jalur pejalan kaki, i-Walk mengharuskan pengguna untuk berdiri untuk mengoperasikannya.

Meskipun modelnya sederhana, kendaraan beroda tiga ini juga memiliki teknologi keamanan dan keselamatan untuk mendeteksi bahaya dan secara aktif memberikan peringatan dalam menghadapi batu, lubang atau genangan di jalan. Ini adalah kendaraan listrik untuk mobilitas pribadi dan dapat berlayar dengan kecepatan 10 hingga 20 km per jam.

Toyota i-Series dimaksudkan untuk mengantar era baru mobilitas global dan memenuhi komitmen Toyota untuk selalu memprioritaskan pengembangan kendaraan yang melayani tidak hanya untuk memfasilitasi transportasi tetapi juga menawarkan kebebasan dan kegembiraan yang lebih besar kepada pemiliknya.