Berita Kampus

Berita Kampus Mengemudi Saat Melewati Sekolah Ada Peraturannya, Catat

Pengendara wajib mematuhi aturan berlalu lintas. Termasuk saat melewati sekolah. Pasalnya, untuk melintasi sekolah, ada aturan Zona Selamat Sekolah (ZoSS).

Aturan ini pada dasarnya sudah lama diterapkan di sejumlah sekolah, khusunya bagi sekolah yang berdekatan dengan jalan raya.

ZoSS bukan dibuat asal-asalan atau oleh pihak sekolah terkait, sebaliknya, ZoSS dikeluarkan pemerintah atas sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan perlindungan anak khususnya di lingkungan sekolah.

Dilansir Poker Online, ZoSS yang dikeluarkan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah diterapkan berdasarkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor SK.1304/AJ.403/DJPD/2014 tentang Zona Selamat Sekolah (ZoSS).

Dengan adanya ZoSS,  maka hal itu sama seperti kegiatan manajemen dan rekayasa lalu lintas, seperti rambu lalu lintas, marka jalan, serta pembatasan kecepatan yang bertujuan meningkatkan perhatian pengemudi terhadap penurunan batas kecepatan di zona selamat di lingkungan sekolah.

[ Baca Juga : ” Penggemar Bersedih Karena Kematian Rapper Spectrum, Kim Dong-yoon ” ]

Penggunaan ZoSS dianggap memberikan rasa aman kepada para murid yang akan menyeberang di jalan. Hal ini diberlakukan lantaran anak sekolah merupakan kelompok rentan pengguna jalan, karena secara psikis maupun fisik belum mampu merespon bahaya secara cepat dan tepat.

Pada intinya, keberadaan ZoSS untuk melindungi pejalan kaki (anak sekolah) dari bahaya kecelakaan lalu lintas. Selain itu, pengendara yang berada dalam zona sekolah dapat mengurangi atau berkecepatan rendah sehingga memberikan waktu reaksi lebih lama dalam mengantisipasi gerakan penyebrang jalan, yang seringkali bersifat spontan dan tak terduga sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Aturan ZoSS

Nah karena itu, ada baiknya mengetahui aturan ZoSS sebagai berikut:

1. Stop Line atau Garis Berhenti berwarna putih diujung marka merah.

2. Di antara Zebra Cross, digunakan marka berwarna merah sehingga sebagai area Zona Selamat Sekolah.

3. Rambu Batas Kecepatan (30 km/jam).

4. Rambu peringatan Pejalan Kaki.

5. Rambu Dilarang Parkir dengan garis berliku berwarna kuning.

6. Pita Penggaduh, yang merupakan marka garis bergelombang.

7. Rambu pentunjuk lokasi fasilitas pemberhentian mobil/bus.

8. Rambu batas akhir larangan kecepatan maksimum.

Untuk itu, sebaiknya berhati-hati dalam berkendara, khususnya saat melintas di depan sebuah sekolah. Budayakan tertib berkendara dan utamakan selamat sampai tujuan.