Operasi Bariatric

Berita Kampus – Para peneliti telah menemukan bahwa operasi bariatric atau pembedahan yang membantu menurunkan berat badan ini ternyata juga bisa membantu mengurangi risiko kanker kulit. Temuan ini dapat digambarkan sebagai bukti kunci yang memperkuat hubungan antara penurunan berat badan dan kanker kulit yang ganas.

“Ini memberikan bukti lebih lanjut untuk hubungan antara obesitas dan kanker kulit ganas, dan untuk pandangan bahwa kita harus menganggap obesitas sebagai faktor risiko untuk bentuk kanker ini,” kata penulis studi pertama Magdalena Taube dari University of Gothenburg di Swedia seperti dilansir dari Kampusbet.

Obesitas sendiri merupakan faktor risiko dari beberapa jenis kanker. Fakta bahwa tingkat risiko orang dapat diturunkan dengan cara pengurangan berat badan. Namun, bukti untuk hubungan antara obesitas dan penurunan berat badan di satu sisi telah dibatasi hingga saat ini.

Para peneliti melibatkan 2.007 orang yang menjalani operasi bariatric dan membandingkannya dengan kelompok kontrol yang terdiri dari 2.040 orang. Kelompok operasi, termasuk 23 orang yang mengembangkan kanker kulit ganas, yaitu karsinoma sel skuamosa atau melanoma ganas, secara paralel dengan penurunan berat badan yang nyata.

Operasi Bariatric Bisa Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Periode tindak lanjut rata-rata adalah lebih dari 18 tahun. Perbedaan terbesar terkait dengan melanoma ganas, yaitu 12 orang dalam kelompok operasi terpengaruh, terhadap 29 pada kelompok kontrol.

Para peneliti menemukan bahwa operasi bariatric dikaitkan dengan pengurangan risiko yang signifikan untuk melanoma dan kanker kulit secara umum. Pengurangan risiko kanker kulit tidak terkait dengan indeks massa tubuh awal atau berat badan; kadar insulin, glukosa, lipid, dan kreatinin; diabetes, tekanan darah; asupan alkohol atau merokok.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa operasi bariatric pada individu dengan obesitas dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kulit, termasuk melanoma. Temuan ini juga mendukung gagasan bahwa obesitas adalah faktor risiko kanker kulit ganas, termasuk melanoma, dan menunjukkan bahwa penurunan berat badan pada individu dengan obesitas dapat mengurangi risiko untuk kanker ini. Kampusbet