Paspor Terkuat

Berita Kampus – Henley Passport Index baru-baru ini kembali merilis daftar peringkat paspor terkuat di dunia. Sama seperti tahun lalu, Jepang dan Singapura masing-masing masih menduduki peringkat satu dan dua dalam daftar ini.

Berdasarkan indeks tersebut, itu artinya pemegang paspor Jepang ataupun Singapura dapat melancong ke sejumlah negara tanpa visa. Pemegang paspor Jepang bisa bebas visa masuk ke 191 negara. Sementara Negeri Singa hanya memiliki selisih satu poin dari Jepang, yaitu 190 negara bebas visa. Saat ini diketahui ada 195 negara di dunia.

Bersaing ketat di bawah dua negara Asia tadi ada nama Jerman dan Korea Selatan yang bertengger di posisi tiga peringkat Paspor Terkuat dengan kebijakan bebas visa di 189 negara. Menurut Kampusbet, raihan ini sedikit banyak dipengaruhi oleh semakin mudahnya akses untuk masuk ke Arab Saudi.

Henley Passport Index didapatkan berdasarkan data otoritas yang dihimpun oleh International Air Transport Association (IATA).

Meski Asia mewakilkan tiga negaranya di dalam peringkat Indeks Paspor, namun negara-negara Eropa masih mendominasi daftar peringkat ini. Tengok saja di peringkat keempat, muncul nama Finlandia dan Italia. Pemegang paspor kedua negara tersebut bisa masuk ke 188 negara tanpa visa.

Di peringkat lima juga ditempati oleh negara Eropa yaitu Denmark, Luksemburg, dan Spanyol. Pemegang paspor tiga negara ini dapat masuk ke 187 negara tanpa visa.

10 besar Paspor Terkuat di Dunia 2020

Sementara itu, negara Asia lain yang masuk 20 besar daftar Indeks Paspor adalah Malaysa di urutan ke-16 (178 negara) dan Hong Kong di peringkat ke-20 (169 negara).

Chairman Henley and Partners Christian Kaelin saat menanggapi laporan Indeks Paspor ini mengatakan, dominasi sejumlah negara Asia pada daftar peringkat Paspor Terkuat Dunia merupakan bukti atas keuntunggan yang didapat dari kebijakan pintu terbuka di Benua Kuning, sekaligus dapat diartikan bahwa dunia sedang mengadaptasi sebuah kondisi di mana mobilitas adalah bagian dari kehidupan global dewasa ini.

“Daftar peringkat ini menunjukkan bahwa negara yang memahami realitas tersebut sedang berkembang, dengan warganya yang dapat menikmati “kekuatan” paspor mereka serta sederet keuntungan lain yang menyertainya,” kata Kaelin seperti dilansir dari laman Business Insider Singapura, Kamis (9/1).

Yang menjadi catatan Henley and Partners terkait daftar ini adalah, Amerika Serikat dan Inggris agaknya terus mengalami penurunan peringkat walaupun masih masuk 10 besar. Kedua negara ada di urutan kedelapan, di mana ini dianggap sebagai penurunan yang signifikan bila dibandingkan dengan posisi mereka di nomor satu pada 2015. Bahkan menjadi yang terburuk sejak Indeks Paspor ini dimulai pada 2006.

Sementara, di posisi terendah ada Afganistan yang hanya bebas visa masuk ke 26 negara.

Berikut peringkat 10 besar Paspor Terkuat di Dunia 2020:

1. Jepang 191 negara bebas visa
2. Singapura 190 negara
3. Jerman, Korea Selatan 189 negara
4. Finlandia, Italia 188 negara
5. Denmark, Luksemburg, Spanyol 187 negara
6. Prancis, Swedia 186 negara
7. Austria, Irlandia, Belanda, Portugal, Swiss 185 negara
8. Belgia, Yunani, Norwegia, Inggris, Amerika Serikat 184 negara
9. Australia, Kanada, Republik Ceko, Malta, Selandia Baru 183 negara
10.Hongaria, Lituania, Slowakia 181 negara Kampusbet